Lompat ke isi utama
x

Kemenag Siapkan Ashaj Bekasi Jadi Karantina Kepulangan Jemaah Umrah

Bks

Bekasi (PHU)--Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kini tengah menyiapkan Asrama Haji Bekasi menjadi karantina kepulangan jemaah umrah yang baru tiba di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab saat meninjau Asrama Haji Bekasi. Selasa (18/01/2022).

"Meninjau Kesiapan Asrama Haji Bekasi sebagai altetnatif tempat karantina kepulangan jemaah umrah," kata Saiful.

Dirjen PHU, kata Saiful telah memintanya agar para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) agar bisa memanfaatkan asrama haji. PPIU saat ini masih menggunakan fasilitas hotel sebagai tempat karantina kepulangan jemaah umrah.

Kedepannya, Kemenag akan memberlakukan dua pintu keberangkatan dan kepulangan jemaah umrah, yakni Asrama Haji Pondok Gede sebagai pintu keberangkatan jemaah umrah dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan jemaah umrah..

"Nanti akan digunakan 2 pintu, Asrama Haji Pondok Gede sebagai pemberangkatan dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan," jelasnya.

Maka dari itu, Ia ingin Asrama Haji segera berbenah diri, menata protokol kesehatannya mulai dari pintu masuk sampai fasilitas saat jemaah umrah berada dikamarnya.

"Tadi telah kita lihat kondisi, saya minta betul Ashaj Bekasi untuk menata dari prokes mulai dari pintu masuk dan kamarnya, pencahayaan, sirkulasi pengudaran serta kebersihannya yang baik nanti akan dilihat satgas Covid19," pintanya.

Ia juga meminta jajaran Asrama Haji untuk memberikan fasilitas yang terbaik dan senyaman mungkin. "Sediakan juga dokter jaga 24 jam yang selalu standby untuk memantau terus kesehatan jemaah umrah," pungkasnya.

Turur hadir Kepala UPT Asrama Haji Bekasi Aep Saefuzaman, perwakilan dari Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Muhammad, Ali Mustahar, Dince Irianto serta jajaran UPT Asrama Haji Bekasi.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca