Lompat ke isi utama
x

Kemenag Tetap Siapkan Tiga Skenario Haji 2021

kab serang

Serang (PHU) – Pemerintah kembali menyampaikan kepada jemaah bahwa pelaksanaan haji 2021 mendatang akan dilakukan dengan 3 skenario. Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kasubdit Advokasi Haji, Direktorat Bina Haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, HM. Affan Rangkuti terkait dengan masih banyaknya keraguan jemaah atas kepastian keberangkatan haji 2021 mendatang.

“Penyelenggaraan haji 2021 memang berbeda dengan penyelenggaraan haji sebelumnya, sebab tantangan dan realitas penyelenggaraan haji 2021 cukup besar. Oleh sebab itu, pemerintah tetap bersiap diri istiqomah mempersiapkan penyelenggaraan haji mendatang dengan 3 skenario. Skenario pertama, berangkat dengan kuota normal. Skenario kedua, berangkat dengan kuota 50 persen. Dan skenario ketiga, batal kembali tidak memberangkatkan jemaah seperti tahun 2019 ini,” ujarnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan manasik haji secara virtual di Kabupaten Serang, Banten, Jumat malam, (18/12).

Terkait dengan ketiga skenario ini, sambung dia, pemerintah menyatakan, sudah sangat siap untuk menjalankannya. Akan tetapi yang perlu diketahui apakah masyarakat siap dengan skenario ini. 

“Oleh sebab itu di zoom meeting inilah kita hadir untuk menyatupadankan apakah kita siap dengan skenario tersebut yaitu untuk kita siap dan bersiap diri untuk melaksanakannya. Sebab, pelaksanaan haji 2021 tentu tidak sama dengan pelaksanaan haji di masa normal,” pungkasnya. 

Hadir dalam webinar ini, jemaah haji, pemerintah daerah, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah), ormas Islam, dinas kesehatan, perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), penyuluh KUA (Kantor Urusan Agama), tokoh masyarakat, alumni petugas haji, dinas kesehatan dan ormas Islam.

Penulis
mario
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca