Lompat ke isi utama
x

Kemenag Tuban Ajak KUA Se-Tuban Laksanakan Sosialisasi Manasik Haji Sepanjang Tahun

Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun

Rengel (PHU) --- Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kementerian Agama Kabupaten Tuban Umi Kulsum mengatakan bahwa bahwa pelaksanaan ibadah haji merupakan rangkaian ibadah keagamaan yang telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, oleh karena itu, negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Maka Pemerintah Sejak tahun 2019 terus menggalakkan gerakan manasik haji sepanjang tahun.

Gerakan manasik haji sepanjang tahun ini bertujuan untuk melayani bimbingan manasik kepada jemaah haji yang sudah memiliki nomor porsi, sehingga setiap saat bisa terus mengikuti kegiatan manasik, kegiatan manasik tidak hanya diikuti oleh jemaah haji yang akan berangkat saja, tetapi semua bisa mengikuti program ini.

“Berangkat dari hal di atas Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban mengajak semua Kepala KUA untuk melaksanakan Sosialisasi dan Melaksanakan Manasik Haji Sepanjang Tahun, sebagaimana yang diselenggarakan oleh KUA Rengel ini,” tegasnya.

Umi Kalsum menyampaikan ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam yang mampu, baik secara fisik, mental, spiritual, sosial, maupun finansial dan sekali dalam seumur hidup, sebagaimana yang dijelaskan dalam penjelasan UU 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Umi Kalsum menambahkan dalam pelaksanaanya harus semaksimal mungkin, dan semua jemaah haji harus berbekal ilmu pengetahuan tentang haji yang mantab.

“Oleh karena itu saya menyambut baik pelaksanaan Sosialisasi Manasik Haji Sepanjang Tahun ini,” ujarnya.

Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun

Pada kesempatan yang sama Kepala KUA Rengel, Kasdikin, sangat mengharapkan jalinan kerjasama seluruh stakeholder terkait, yang dimulai dari KUA, KBIHU NU, IPHI dan calon jemaah haji seluruh kecamatan Rengel. “Sehingga nantinya dapat membuka terobosan dan inovasi baru dalam melaksanakan bimbingan manasik sepanjang tahun ini,” ulasnya. Dengan demikian bisa diharapkan mampu membentuk calon jamaah haji yang mandiri melalui pengetahuan yang diberikan oleh para pembimbing.

Selain itu Ketua KBIHU NU Rengel Mashar mendukung penuh upaya yang dilakukan KUA Rengel, serta akan membantu semaksimal mungkin apa yang dibutuhkan, “Kami pada prinsipnya akan membantu semaksimal mungkin,” tuturnya.

Penulis
Laidia Maryati
Editor
Boy Azhar

Jumlah Pembaca