Lompat ke isi utama
x

Kemenag Usul Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Umrah Satu Pintu

uhk

Jakarta (PHU)—Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengusulkan pemberangakatan dan pemulangan jemaah umrah satu pintu yakni melalui Asrama Haji Jakarta Pondok Gede ataupun Asrama Haji Bekasi. 

Hal ini dilakukan dalam rangka pengendalian, perlindungan dan pengawasan kebarangkatan jemaah umrah untuk menjamin bahwa jemaah yang berangkat harus berstatus clear dari Covis-19.

“Pelayanan sebelum kebarangkatan di asrama haji dan pelayanan karantina saat kepulangannya diperlukan guna menjamin bahwa jemaah berangkat dan pulang dalam keadaan sebat,” kata Dirjen PHU Kemenag Khoirizi saat Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Penyelenggaraan Umrah 1443H/2021M. Senin (13/09/2021).

uhk

Untuk itu, kata Khoirizi, pihaknya sangat berharap mendapat dukungan dari pihak Satgas Covid-19, Keimigrasian, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan maskapai untuk mewujudkan keberangkatan dan kepulangan melalui Asrama Haji ini.

“Tentu kami tidak bisa melakukan sendiri, perlu ada dukungan dari Satgas Covid-19 serta pihak-pihak terkait untuk mewiujudkannya,” ucapnya.

Ia berharap pengelola Asrama Haji agar bersiap-siap menyambut kemungkinan dibukanya umrah bagi jemaah Indonesia.

FGD dihadiri Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, perwakilan dari beberapa maskapai nasional yang menjadi transportasi umrah antara lain Garuda Indonesia, Saudia Arabia, Citilink, serta Lion Air, Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Ditjen Imigrasi, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Jakarta Pondok Gede dan Asrama Haji Bekasi.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca