Lompat ke isi utama
x

Kepala Kanwil Kemenag Maluku Sapa Jemaah Haji Kepulauan Aru

maluku

Kepulauan Aru (PHU)- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, menyapa jemaah haji Kabupaten Kepulauan Aru. Acara ini berlangsung di Masjid Agung Nurul Haq Dobo. Sabtu malam, (21/11) lalu.

Kegiatan yang dikemas dalam Silaturahim jemaah haji Kabupaten Kepulauan Aru. Pertemuan bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku bertujuan untuk mengenal lebih dekat Jemaah haji Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya karena pandemi covid 19 yang melanda dunia sekaligus memberikan pembinaan manasik haji.

Jamaludin memberikan sejumlah ilmu pengetahuan tentang tahapan-tahapan haji atau manasik haji sesuai Syariat Islam, yang harus dilaksanakan oleh Jemaah haji agar dalam menunaikan ibadah haji nanti bisa memperoleh pahala haji dan bisa menjadi haji yang mabrur. 

“Karena ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan persiapan lahir dan bathin yaitu persiapan  materi, fisik dan keihklasan hati. Disamping itu juga jemaah haji perlu mempersiapkan diri dengan memperbanyak menuntut ilmu ma’rifat untuk bekal dalam melaksanakan ibadah haji,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru, Ismail Rumfot dalam laporannya mengatakan, terkait dengan perkembangan jemaah haji Kabupaten Kepulauan Aru secara umum yang pendaftarannya menurun karena pandemi covid 19 dan secara khusus  jemaah haji tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya karena pandemi covid 19 sesuai surat keputusan Menteri Agama Nomor. 494 Tentang Pembatalan Keberangkatan Calon Jama’ah Haji Tahun 2020 dan sekaligus memanfaatkan momen penting ini untuk meminta penambahan kuota haji Kabupaten Kepulauan Aru di tahun-tahun berikutnya.

“Selama pandemi ini, pendaftaran haji di Kepuluan Aru ini saya akui menurun,” belas Ismail.

Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat eselon IV beragama muslim dilingkungan Kemenag Kepulauan Aru, imam masjid setempat, Ketua DWP, serta jemaah haji.

 

 

 

Penulis
Kemenag Maluku
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca