Lompat ke isi utama
x

Kesan Petugas Bandara Arab Saudi Terhadap Jemaah Haji Indonesia: Tertib, Sopan dan Baik

Ibrahim dan Umar Petugas Maktab Wukala

Jeddah (PHU) — Puluhan ribu jemaah haji Indonesia terus berdatangan secara bergelombang baik gelombang I melalui Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun gelombang II melalui King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah. Hingga saat ini, sekitar 90 ribu lebih calon haji reguler Indonesia sudah tiba di Arab Saudi. 

Sementara itu menurut Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M, pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Arab Saudi akan berakhir pada tanggal 3 Juli 2022. 

Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jemaah haji setelah tanggal 3 Juli 2022. 

Dalam melayani ribuan jemaah haji Indonesia yang tiba di Bandara King Abdulaziz, jamaah haji tidak hanya dilayani oleh petugas PPIH Arab Saudi, tetapi juga juga dibantu oleh perusahaan dari Arab Saudi, Maktab Alwukala yang telah bekerjasama dengan Kemenag.

Sejak dari pengurusan Bea Cukai, bagasi jemaah akan diurus pihak Maktab Wukala Almuwahhad dan diantar sampai hotel jemaah. Mereka juga menjamu para jemaah haji Indonesia saat beristirahat di paviliun plaza dengan minuman dan makanan ringan. .

Bagaimana pendapat para petugas Maktab Wukala yang sebagian besar merupakan warga Arab Saudi terhadap jemaah haji Indonesia? Ternyata mereka cukup terkesan dengan sikap para jemaah haji Indonesia.

"Orang Indonesia beradab, sopan santun, rajin beribadah, dan jemaah haji yang baik," kata seorang petugas Wukala, Ibrahim, di sela-sela menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia, Jumat 2 Juli 2022. 

"Jemaah Indonesia tidak perlu banyak diatur. Mereka sudah tertib, sopan santun, kemudian bisa memahami aturan di sini dari sejak keluar imigrasi sampai masuk bus," lanjutnya.

Sementara rekannya, Umar, menambahkan, sejauh ini tidak ada jemaah haji Indonesia yang membuat masalah. "Enggak ada masalah, semua proses imigras lancar, semua cepat," jelasnya.

"Semoga Allah SWT menerima hajinya (jemaah Indonesia) dan semuanya menjadi haji yang mabrur dan memperoleh kebaikan dan rahmat Allah."

Penulis
Boy Azhar
Editor
boy azhar

Jumlah Pembaca