Lompat ke isi utama
x

Kirim Jemaah Terbanyak Se-Indonesia, Kemenag Jabar Diminta Maksimal Siapkan Haji

Ace

Bandung (PHU) --- Jawa Barat menjadi provinsi yang akan mengirim jemaah haji paling banyak se-Indonesia dalam penyelenggaraan haji tahun 1443 H/2022 M. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang maksimal agar persiapan hingga pemberangkatan jemaah nantinya dapat berjalan lancar. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPRI RI Ace Hasan Syadzily ketika bertandang ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat pada Selasa (24/05/2022).

"Jawa Barat adalah provinsi pengirim jemaah haji terbanyak se-Indonesia. Dengan persentase jemaah yang lebih besar dibandingkan dengan provinsi lain, maka perlu perhatian khusus dalam segala aspek persiapannya, apalagi sudah 2 tahun Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji dikarenakan pandemi," kata Ace dalam sambutannya.

Melalui kunjungan kerja spesifik ini, Ace sebagai Ketua Tim juga mengingatkan agar Kanwil Kemenag Jabar tidak melupakan persiapan dari segi manasik kepada para jemaah haji yang akan berangkat.

"Jangan sampai kita fokus ke permasalahan teknis tapi kita lupa dengan manasiknya, karena saya lihat jemaah dari Jabar ini tidak semuanya tergabung ke dalam KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji)," ungkap Ace.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam dalam sambutannya memastikan bahwa pihaknya tengah dan terus melakukan upaya-upaya persiapan keberangkatan jemaah haji dari Jawa Barat secara maksimal.

Ajam

"Kami pastikan bahwa seluruh jemaah sudah siap, terutama dalam hal persyaratan dari Pemerintah Arab Saudi yang harus dipenuhi oleh jemaah haji yang berangkat tahun ini, seperti kebijakan vaksinasi dan batasan umur. Saat ini seluruh daerah di Provinsi Jawa Barat juga sedang melaksanakan bimbingan manasik," terang Ajam.

Diketahui bahwa tahun ini Provinsi Jawa Barat akan memberangkatkan 17.655 jemaah haji melalui Embarkasi Bekasi. Jumlah ini hanya sebesar 45,6% jika dibandingkan dengan persentase jemaah haji Jawa Barat yang berangkat pada tahun 2019.

Turut hadir dalam pertemuan ini, para anggota Komisi VIII DPR RI, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Saiful Mujab, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Jabar Barnas Ajdidin, Plt Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Jabar Ahmad Fathoni, dan Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jabar Ahmad Handiman Romdony.

Penulis
Mustarini Bella Vitiara
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca