Lompat ke isi utama
x

Komisi VIII DPR Dukung Penuh Pembangunan Asrama Haji Embarkasi Banten

tangerang

Tangerang (PHU)—Komisi VIII DPR RI mendukung penuh pembangunan asrama haji embarkasi Banten. Rencana pembangunan asrama haji ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada jemaah haji khususnya jemaah haji Banten.

Ketua Tim Rombongan anggota Komisi VIII Selly Andriany Gantina  mengatakan, kunjungan kerja spesifik yang dilakukan adalah untuk melakukan pemantauan serta memberikan arahan terkait rencana pembangunan Asrama Haji kepada Pemerintah Kota Tangerang selaku tuan rumah.

“Setelah ini, kami Komisi VIII DPR RI akan segera membuat Panitia Kerja guna mengevaluasi pembangunan Asrama Haji yang tersebar di seluruh Indonesia serta melakukan pengawasan dan menindaklanjuti perencanaan pembangunan Asrama Haji,” kata Selly di Kantor Walikota Tangerang. Rabu (03/02).

Selly juga mengapresiasi Kementerian Agama karena telah peduli terhadap jemaah haji Banten. Saat ini jemaah haji Banten masih bergabung dengan Embarkasi Jakarta Pondok Gede. “Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Agama karena telah peduli dengan jemaah haji Banten,” ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berharap rencana pembangunan asrama haji embarkasi Banten secepatnya terlaksana. ““Pemkot sudah memberikan opsi – opsi lahan yang kiranya bisa dipergunakan, kami tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Agama RI Provinsi Banten,” terang Arief.

Ia memaparkan, saat ini ada 3 opsi lahan yang bisa dimanfaatkan, yaitu lahan milik PT. Angkasa Pura II, lahan milik PT. Modernland Tbk yang sudah diserah terimakan kepada Pemkot Tangerang serta lahan di daerah Alam Sutera.

“Secepatnya kami akan berkoordinasi secara intens dengan Kemenag RI Prov. Banten, untuk menentukan lahan mana yang kiranya representatif untuk pembangunan Asrama Haji,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman menjelaskan keberadaan Asrama Haji sejatinya tidak hanya dapat digunakan pada musim haji saja. Tapi keberadaanya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan produktif sepanjang tahun, dan bukan hanya diperuntukkan oleh calon jemaah haji saja.

“Selama ini asrama haji hanya di gunakan untuk pelayanan Jemaah haji. Padahal asrama haji memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi pelayanan, sosial dan edukasi. Sehingga asrama haji dapat produktif sepanjang tahun tidak hanya pada saat musim haji saja” tutur Oman. 

Oman mengungkapkan, Kemenag berharap semua asrama haji di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. “Termasuk calon asrama haji di Tangerang ini, dapat beroperasi maksimal sepanjang tahun dan bermanfaat untuk semua kalangan masyarakat, bukan hanya jemaah haji saja,” kata Oman. 

Tampak hadir pada Kunjungan Kerja Direktur Pelayanan Dalam Negeri Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala Bagian Perencanaan dan Hubungan Masyarakat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang dan Kepala Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca