Lompat ke isi utama
x

Lantik Eselon III dan IV, Dirjen PHU : Pandemi Covid19 Bukan Alasan Untuk Tidak Bekerja

nizar

Jakarta (PHU) – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar melantik pejabat eselon III dan IV di lingkungan Ditjen PHU Kementerian Agama, Jumat (08/04). Pelantikan digelar di tiga ruang sidang Ditjen PHU Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Pelantikan juga dihadiri pejabat eselon II di lingkungan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah  Kementerian Agama.

Nizar dalam sambutannya mengatakan ini merupakan kali pertama pelantikan pejabat dilingkungan Ditjen PHU menggunakan sistem online karena diikuti pelantikan pejabat yang berasal dari beberapa daerah atau provinsi yang ada.

“Pertama kali dengan menggunakan sistem online karena ini diikuti dari beberapa daerah, wilayah atau provinsi, ada di Surabaya kemudian ada di Padang ada di NTB di Makassar dan lain sebagainya,” kata Nizar.

Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak bekerja ditengah pandemi covid19 ini. Diakuinya, kini semua pekerjaan itu terhenti, tetapi pekerjaan harus jalan kalau tidak jalan itu nanti akan menumpuk dan menjadikan organisasi atau institusi menjadi tidak sehat.

“Meskipun ada edaran, tetapi itu tidak menjadikan ini hambatan bagi kita semua untuk bekerja,” tegasnya.

Ia menilai, mutasi dan rotasi merupakan suatu kebutuhan organisasi, kalau tidak ada mutasi nanti tidak ada organisasi yang sehat, maka itu kata dia, untuk menyehatkan organisasi maka perlu adanya penyegaran dan salah satu penyegaran tersebut yaitu adalah dengan konsep ini (pelantikan). Ini adalah hal yang biasa yang dilakukan oleh beberapa instansi termasuk Kementerian Agama.

“Jadi ini tidak ada hal yang istimewa tapi hal yang lumrah dan wajar biasa yang berkembang di sebuah institusi,” ungkap Nizar.  
 

Berbeda dari biasanya, Surat Keputusan (SK) pelantikan pejabat eselon III kali ini, ditandatangani oleh Menteri Agama. Mengingat, jabatan Sekretaris Jenderal masih diemban oleh pelaksana tugas (Plt.).

“Kita tidak ingin layanan dan sistem menjadi terhambat karena jabatan kosong. Ada dua pilihan, menunggu Sekjen definitif atau Menag yang tandatangan (SK). Dan pilihan yang diambil Menag adalah menandatanganinya,” kata Nizar.

Pelantikan kali ini juga berbeda dengan biasanya, sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid 19, pelantikan kali ini diadakan ditiga ruangan, ruang sidang 1, ruang sidang 2 serta ruang tengah lantai 5.

Berikut nama pejabat yang dilantik:

  1. Sugiyanto sebagai Kepala UPT Asrama Haji Surabaya;
  2. Eko Dwi Irianto Sebagai Kasubbag Evaluasi Program dan Pelaporan Bagian Perencanaan dan Humas Setditjen PHU;
  3. Yudhi Iman Perkasa sebagai Kasubbag Akuntansi, Pelaporan Keuangan dan PNBP pada Bagian Keuangan dan PNBP Setditjen PHU;
  4. Iskandar sebagai Kasubbag Perlengkapan dan BMN pada Bagian Umum dan BMN Setditjen PHU;
  5. Ahmad Rizal sebagai Kasi Pelatihan Petugas pada Subdit Bina Petugas Haji Direktorat Bina Haji;
  6. Arienta Nurcahya sebagai Kasi Penilaian Petugas pada Subdit Bina Petugas Haji Direktorat Bina Haji;
  7. Amir Hamzah sebagai Kasi Pendaftaran dan Pelunasan Haji pada Subdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri;
  8. Kardi sebagai Kasi Penilaian Perlengkapan Haji pada Subdit Dokumen dan perlengkapan Haji Reguler Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri;
  9. Cecep Nursyamsi sebagai Kasi Monitoring dan Evalusi Asrama Haji pada Subdit Asrama Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri;
  10. Abdul Muhyi sebagai Kasi Pelayanan Transportasi Udara pada Subdit Transportasi Udara dan Perlindungan Jemaah Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri;
  11. Ali Machzumi sebagai Kasi Monitoring dan Evaluasi Akomodasi pada Subdit Akomodasi Haji Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri;
  12. M. Mustain sebagai Kasi Penyiapan Transportasi Haji pada Subdit Transportasi Haji Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri;
  13. Wahyu Utomo sebagai Kasi Pendaftaran dan Pembatalan Haji Khusus pada Subdit Perizinan, Akreditasi dan Bina PIHK Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus;
  14. Abdul Basir sebagai Kasi Identifikasi dan Penanganan Masalah Umrah pada Subdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus;
  15. Fitsa Baharuddin sebagai Kasubbag Tata Usaha pada Ditlola Dana Haji dan Sihdu;
  16. Lendriani sebagai Kasi Monitoring dan Evaluasi pada Subdit Perencanaan Anggaran Operasional dan Pengelolaan Aset Haji Ditlola dan Sihdu;
  17. Rofiqoh sebagai Kasi Akuntansi dan Pelaporan pada Subdit Pengelolaan Keuangan Operasional Haji Ditlola dan Sihdu;
  18. Nurhanuddin sebagai Kasi Pengelolaan Infrastruktur pada Subdit Data dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ditlola dan Sihdu;
  19. Ambari Julianto sebagai Kasi Pengembangan Data Base Haji pada Subdit Data dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ditlola dan Sihdu;

 

Pejabat Pada UPT Asrama Haji

  1. Syaiful Hak sebagai Kasubbag Administrasi dan Keuangan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Padang;
  2. Syahrial N, sebagai Kasi Kerjasama pada UPT Asrama Haji Embarkasi Padang;
  3. Muhammad Rifki sebagai Kasi Pelayanan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Padang;
  4. Irwansyah Putra sebagai Kasubbag Administrasi dan Keuangan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Medan;
  5. Mhd. Akmalsyah sebagai Kasi Pelayanan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Medan;
  6. Zulaiha Hamid Ritonga sebagai Kasi Kerjasama pada UPT Asrama Haji Embarkasi Medan;
  7. Rina Margasari sebagai Kasi Pelayanan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Lombok;
  8. Mukhtar sebagai Kasubbag Administrasi dan Keuangan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan;
  9. Habib Sentioko sebagai Kasi Pelayanan pada UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan;

 

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro