Lompat ke isi utama
x

Menag Resmikan PLHUT Buleleng

ok

Denpasar (PHU)--Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kab. Buleleng. Peresmuan dilaksanakan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Senin (21/12). 

Dalam acara tersebut Menag juga meresmikan beberapa gedung lainnya yang dibiayai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) seperti MAN 1 Jembrana, MAN 2 Jembrana, KUA Kintamani dan KUA Karangasem.

Bali, kata Menag, merupakan daerah yang terdiri dari ragam Agama dan budaya mampu menyelaraskan modernisasi dan budaya.

"Keberagaman benar-benar ramah, sehingga banyak pihak dapat mencontoh untuk memberikan kontribusi dari tradisi untuk saling belajar agar tumbuh menjadi bangsa yang semakin kuat," kata Menag

Terkait dengan kerukunan beragama, kata Menag, Keberagaman yang kompleks bukan suatu alasan untuk perpecahan, justru menjadi alasan untuk bersatu meski berbeda. Seperti dalam Islam dikatakan Allah menciptakan manusia berbeda beda untuk saling mengenal.

"Kerukunan beragama dapat diawali dengan cara pandang positif pada perbedaan untuk saling melengkapi dan bekerjasama serta selalu menanamkan kebersamaan," jelasnya.

Kepala Kanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni, mengatakan, dalam acara ini, ia mengundang para tokoh lintas Agama. Menurutnya tokoh lintas Agama di Bali merupakan teladan Implementasi toleransi beragama yang Ada di Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Komang menyatakan bahwa selama pandemi ini pelayanan di Wilayah Kementerian Agama baik di Kabupaten/Kota maupun Provinsi tetap berjalan.

"Pelayanan pendidikan, pelayanan KUA, pelayanan haji tetap berjalan dengan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat," Kata Komang.

"Dalam pembinaan ASN meskipun meminimalisir tatap muka dalam pembinaannya dilakukan Merried system dan management talenta melalui assesmen," tambahnya 

Hadir dalam acara tersebut Dirjen Bimas Hindu Kemenag, Rektor UHN, para tokoh lintas Agama dan segenap jajaran pegawai Kementerian Agama Provinsi Bali.

Penulis
Nia
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca