Lompat ke isi utama
x

Menag Resmikan PLHUT Kabupaten Tulang Bawang Barat

Menag Meresmikan PLHUT Kabupaten Tulang Bawang Barat

Lampung (PHU) --- Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi menandatangani Prasasti Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam penandatanganan tersebut, Fachrul Razi mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang telah berhasil membangun dan menyelesaikan Gedung PLHUT ini.

Penandatanganan tersebut  diselenggarakan pada acara Penguatan Moderasi Beragama di Provinsi Lampung, hari ini (11/8), yang disaksikan oleh Gubernur Provinsi Lampung Arinal Junaidi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim. 

Menurut Menag gedung PLHUT ini merupakan salah satu inovasi bagi Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji Indonesia.

Fachrul Razi menjelaskan bahwa minat masyarakat terkait dengan ibadah baik haji dan umrah sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dengan adanya waiting list keberangkatan selama 20 tahun. 

"PLHUT yang ada di setiap daerah sangatlah penting dan memudahkan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan haji dan umrah secara efektif dan efisien serta mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang ingin mendaftar haji dan umrah," tambah Menag.

"Dengan adanya prasasti ini, saya berpesan bahwa Dinding-Dinding Bangunan yang berdiri Kokoh, Hasil Perpaduan dari Pasir, Batu, Besi, dan Perekatnya. Bukan sekedar benda mati. Mereka adalah makhluk Tuhan yang senantiasa berdzikir mengagungkan asmaNya dan ingin memberikan manfaat untuk kehidupan. Karenanya, siapapun yang terlibat dalam proses pembangunan akan dihargai dan dinilai sebagai Amal Jariyah. Saya memandang, pemanfaatan gedung di bidang keagamaan sangatlah mulia, bernilai dan berdimensi Ketuhanan (Transendental) untuk menguatkan hubungan kita dengan Tuhan Yang Maha Pencipta," ucap Menag.

Para pengguna PLHUTharus memanfaatkan gedung baru tersebut untuk berbagai inovasi melahirkan gagasan-gagasan besar, pemikiran genius dan inspiratif yang digali dari realitas sosial yang berkembang di masyarakat", ujar Orang Nomor Satu di Kementerian Agama.

Kakanwil Lampung

Usai menyaksikan penandatangani prasasti tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim, mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Menteri Agama beserta rombongan yang telah bersedia menyempatkan waktunya disela-sela kepadatan rutinitasnya untuk bisa datang ke Provinsi Lampung.

Gedung PLHUT ini sebagai salah satu bentuk komitmen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam rangka upaya menjalankan lima prioritas kementerian agama yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada Point kedua yaitu peningkatan kualitas ibadah haji dan pembenahan umrah.

Peningkatan kualitas ibadah haji dan pembenahan ibadah umrah salah satunya dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang nyaman dan lengkap bagi jemaah haji yang akan mendaftarkan diri untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Ujar Mantan Kakankemenag Kabupaten Lampung Selatan.

Juanda menjelaskan bahwa PLHUT Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat ini merupakan gedung yang dibangun dengan dibiayai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2020.

PLHUT ini dibangun pada tanggal 12 Maret 2020 dan berakhir pada tanggal 08 Agustus 2020 yang lalu.

Waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pembangunan PLHUT ini sebanyak 120 hari kalender dari 150 hari kalender yang telah ditetapkan

Menurutnya, dengan adanya penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama sebagai tanda atau legalitas hukum bahwa telah selesainya pembangunan fisik gedung PLHUT Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung.

Oleh karena itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung berpesan kepada seluruh ASN Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk menjaga dan merawat gedung PLHUT dengan sebaik-baiknya sehingga pelayanan calon jemaah haji bisa berlangsung baik, tertib, dan nyaman. (Anggithya Putri Senjaya)

Penulis
Kontri
Editor
Boy Azhar