Lompat ke isi utama
x

Menag Yaqut Minta Galeri Haji Jadi Sarana Edukasi Perhajian

menag

Jakarta (PHU)—Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau galeri haji di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Galeri yang terletak Gedung Kemenag Lapangan Banteng ini berada di lorong lantai 5 Gedung Kementerian Agama dihiasi foto-foto dan deskripsi perhajian tentang sejarah keberangkatan haji dari masa ke masa. 

Menag yang didampingi Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi serta Plt. Dirjen PHU Oman Fathurahman menyampaikan apresiasi atas adanya galeri haji di gedung Kementerian Agama.

"Tujuan adanya galeri haji ini untuk memberikan Edukasi kepada masyarakat untuk mengetahui lini masa perjalanan haji dan berapa bersyukurnya jemaah haji sekarang daripada sebelum-sebelumnya,” kata Menag.

Dirinya juga memberikan dukungannya untuk pengembangan galeri haji agar lebih lengkap dan diperdalam lagi.

"Kami akan memberikan support penuh dalam pengembangan galeri haji di gedung Kementerian Agama ini. Supaya manfaatnya dapat dirasakan oleh semuanya,” ujarnya.

menag

Sementara itu Plt. Ditjen PHU Oman Fathurahman menyatakan bahwa galeri haji ini sangat edukatif karena memiliki nilai sejarah yang tinggi serta dapat membentuk perbaikan perbaikan dari segala aspek Penyelenggaraan ibadah haji. Oman berharap dengan adanya support dari semua pihak galeri haji dapat dikembangkan lebih baik lagi.

"Sebagai bentuk Sarana Edukasi, galeri haji ini berperan untuk meningkatkan rasa syukur bagi jemaah haji saat ini. Betapa segala aspek dari akomodasi, transportasi dan katering saat ini sudah sangat mudah. Disamping itu pula pelayanan haji semakin membaik,” terang Oman.

Galeri Haji tahap pertama selesai pada tahun 2019 kemudian dilanjutkan tahap kedua pada tahun 2020. Galeri haji memuat segala hal yang berkaitan dengan haji dari masa sejarah yakni tahun 1482, jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi menggunakan transportasi Laut dan lama perjalanannya bisa mencapai 4 bulan untuk melaksanakan ibadah haji yang hanya sekitar 10 Hari. 

 

Penulis
Amnia Salma
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca