Lompat ke isi utama
x

Pelunasan Biaya Haji Khusus Tahap Kedua Dimulai Esok Hari

haji khusus

Jakarta (PHU)—Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Khusus tahap kedua akan dimulai Selasa esok hari 12 Mei sampai dengan 20 Mei 2020 mendatang.

Pelunasan Bipih Khusus itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor : B-11005/DJ/Dt.II.IV.2/Hj.00/05/2020 tangal 11 Mei 2020 yang di tandatangani Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim pelunasan yang yang ditujukan kepada Pimpinan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) serta Bank Penerima Setoran Bipih Khusus.

“Pelaksanaan pelunasan Bipih Khusus Tahun 1441H/2020M tahap kedua dimulai tanggal 12 s.d. 20 Mei 2020,” tulis Arfi dalam surat edaran tersebut di Jakarta. Senin (11/05).

Arfi mengatakan waktu pelaksanaan pelunasan akan dimulai pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB pada BPS Bipih Khusus tempat setor awal.

Sedangkan alokasi pelaksanaan pelunasan tahap kedua ini, lanjut Arfi akan diprioritaskan untuk Jemaah haji antara lain :

  1. mengalami gagal pelunasan tahap kesatu,
  2. pendamping jemaah haji khusus lanjut usia,
  3. terpisah dari mahram atau keluarga,
  4. penyandang disabilitas dan pendampingnya
  5. nomor urut pendaftaran berikutnya.

Ia menegaskan, bagi PIHK yang telah mengajukan permohonan untuk pendamping jemaah haji khusus lanjut usia, jemaah haji khusus yang terpisah dari mahram atau keluarga, dan jemaah haji khusus penyandang disabilitas dan pendampingnya, namun belum menyerahkan berkas asli untuk dilakukan verifikasi oleh Subdit Perizinan, Akreditasi, dan Bina PIHK maka pelunasannya diblokir sementara sampai dengan PIHK bersangkutan menyerahkan bukti/berkas persyaratan asli yang sah.

“Bagi PIHK yang telah mengajukan persyaratan pelunasan tahap kedua tersebut, tapi belum menyerahkan berkas asli untuk dilakukan verifikasi oleh Ditjen PHU, maka pelunasannya diblokir sementara sampai dengan PIHK bersangkutan menyerahkan bukti/berkas persyaratan asli yang sah,” tegasnya.

Arfi mengatakan bahwa untuk jemaah haji khusus, yang sudah melunasi sampai penutupan pelunasan tahap kesatu pada 30 April lalu adalah 12.822 orang. Kuota jemaah haji khusus berjumlah 17.680, terdiri dari 16.305 kuota jemaah dan 1.375 kuota petugas.

“Artinya, sudah 78,64% calon jemaah haji khusus yang sudah melunasi dari total kuota berhak lunas sebesar 16.305,” jelas Arfi.

Daftar nama-nama jemaah haji khusus yang berhak melunasi tahap kedua, bisa dilihat https://haji.kemenag.go.id/v4/node/966884.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro