Lompat ke isi utama
x

Pelunasan Biaya Haji Tahap II Provinsi Lampung Diperpanjang

Perpanjangan Pelunasan Provinsi Lampung

Lampung (PHU) --- 369 jemaah haji  Provinsi Lampung belum melunasi tahap pertama dan kedua maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung secara resmi memperpanjang batas waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) tahap kedua.

Perpanjangan ini sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : B-20023/Dt.II.II.1/KS.02/5/2020 tanggal 20 Mei 2020, perpanjangan pelunasan untuk tahap kedua yang semula tanggal 12 sampai dengan 20 Mei 2020 diperpanjang menjadi 12 sampai dengan 29 Mei 2020. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Provinsi Lampung M. Ansori, Kamis Malam (21/5).

Ansori menjelaskan bahwa kriteria pelunasan jemaah haji yang berhak melunasi perpanjangan tahap kedua ini sebagai berikut Pertama, jemaah haji yang berhak melunasi tahap pertama dan kedua yang belum melakukan pelunasan bipih. 
Kedua, jemaah haji pendamping lanjut usia dan penggabungan mahram yang sudah terinput ke dalam aplikasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Lampung namum belum diusulkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.Ketiga, jemaah haji yang teridentifikasi sudah berhaji kurang 10 tahun namun hasil verifikasi belum pernah menunaikan ibadah haji atau dari unsur pembimbing KBIHU dan yang keempat adalah dari unsur Petugas Haji Daerah (PHD) dan Pembimbing KBIHU.

KBIHU yang sudah melunasi biaya tahap kedua sebelum dilaksanakan perpanjangan kemarin sebanyak 8 orang dari kuota 10 orang di Provinsi Lampung, sedangkan PHD Provinsi Lampung sampai dengan batas akhir tanggal 20 Mei 2020 belum ada yang melakukan pelunasan biaya haji tersebut. 

Sistem pembayaran perpanjangan pelunasan haji tahap kedua ini sama seperti dengan tahap pertama dan kedua sebelumnya yaitu melalui mekanisme Tanpa Tatap Muka dan Non Teller dimana jemaah haji bisa menggunakan Internet Banking, Mobile Banking dan Automatic Teller Machine (ATM) Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang memiliki fasilitas non teller.

Perpanjangan ini disampaikan Ansori kepada seluruh Kepala Seksi (Kasi) PHU Kemenag Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung agar jemaah haji yang berada di daerahnya untuk segera melunasi sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. 

"Saya menghimbau kepada seluruh Jemaah Haji Reguler, PHD, dan KBIHU yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap pertama dan kedua kemarin untuk segera melakukan pelunasan tersebut sampai dengan 29 Mei 2020", pungkasnya.

Penulis
Anggithya Putri Senjaya
Editor
Boy Azhar