Lompat ke isi utama
x

Pemkot Hibahkan Tanah, Kaltara Siap Bangun Asrama Haji Transit

kaltara

Bulungan (PHU)—Provinsi Kalimantan Utara terus berbenah diri untuk meningkatkan layanan haji dan umrah. Salah satu fasilitas yang ingin ditingkatkan adalah pembangunan asrama haji transit.

Pembangunan asrama haji transit ini nantinya dipergunakan sebagai asrama haji bagi Jemaah haji asal Kaltara sebelum terbang ke Embarkasi Balikpapan yang kemudian bertolak ke Tanah Suci. Selain sebagai asarma keberangkatan Jemaah haji, asrama haji ini juga dipergunakan sebagai sarana Jemaah haji melaksanakan manasik haji maupun kegiatan lainnya.

“Kami sekarang ini belum punya asrama haji transit,” kata kata Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Saifi saat webinar Komunikasi, Informasi dan Edukasi Perhajian se Kalimantan Utara. Selasa (04/08/2021).

Pemerintahan Kota Tarakan langsung merespon Kanwil Kemenag Kaltara dengan menghibahkan lahannya untuk pembangunan asrama haji transit.

“Walikota Tarakan sudah menghibahkan tanah untuk asrama haji transit di samping Islamic Center Tarakan ini luar biasa perhatian pemerintah daerah dan kami sudah mengajukan ke (Kemenag) pusat mohon dukungan 2022 ini kita bisa memulai pembangunan asrama haji di Kalimantan Utara,” ucapnya.

Ia pun mengapresiasi Pemkot Tarakan yang kini telah memberikan dukungan dengan menghibahkan lahan. "Terima kasih kepada Pemerintah Kota Tarakan yang sudah turut serta memperhatikan Kementerian Agama, dan umat Islam untuk penyelenggaraan ibadah haji," ucap Saifi.

Ia berharap setelah selesainya pembangunan asrama haji transit ini, pelaksanaan program bimbingan manasik sepanjang tahun bisa diwujudkan

“Mudah-mudahan nanti program manasik haji sepanjang tahun ini memang bisa kita wujudkan sehingga kami dapat menggandeng seperti IPHi, FKAPHI, KBIHU dan lainnya, karena mereka sangat memiliki kompetensi yang cukup kami kira nanti untuk mengawal program manasik,” harapnya.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca