Lompat ke isi utama
x

Pendaftar Haji Meningkat, Kemenag Bolmong Butuhkan Gedung PLHUT

Kakanwil Provinsi Sulawesi Utara meninjau persiapan Pengajuan PLHUT

Bolmong (PHU) --- Animo ummat Islam untuk menunaikan rukun Islam yakni ibadah haji, makin meningkat dari tahun ke tahun, tak terkecuali di Bolmong, untuk itu keberadaan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) sangat diperlukan.

Kepala Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Muhtar G Bonde mengatakan bahwa kami sangat membutuhkan sekali PLHUT, karena hajat umat sangat banyak yang harus kami tunaikan. Dengan adanya PLHUT merupakan suatu kebesaran bagi Jemaah yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow. 

Kabupaten Bolaang Mongondow, ujar Muhtar tidak ada KBIH, dengan adanya PLHUT sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam memberikan sarana manasik haji. 

“Saya mengingatkan kepada para KUA yang mengurusi masalah haji untuk tidak memberangkatkan jemaah haji yang tidak tahu manasik haji. Tanggungjawab kita itu tidak hanya masalah administrasi saja tetapi tanggungjawab masalah agama juga menjadi tanggungjawab kita, masalah tanggungjawab pelaksanaan di Arab Saudi itu tanggung jawab pusat, tapi bagaimana memberikan bekal manasik merupakan tanggung jawab kita. Hal tersebut menjadi kesepakatan kita di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ucap Muhtar.

Kepala Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Muhtar G Bonde berharap, pertama, dengan adanya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT)  ini akan menjadi sebuah Ikon untuk peningkatan keagamaan di Kabupaten Bolaang Mongondow sekaligus bisa menjadi tempat rutinitas kita untuk merangsang umat islam  untuk menunaikan ibadah haji.

Dengan adanya PLHUT, tambah Muhtar, kita sekaligus  capaian kita terhadap dalam memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji. Selama ini kita merasa pembekalan manasik haji 2-3 bulan sebelum keberangkatan dirasa tidak cukup, sehingga dengan adanya manasik haji sepanjang tahun agar betul betul jemaah kita memahami betul manasik haji Ketika akan menunaikan ibadah haji. 

“Rata-rata tingkat pemahaman keagamaan masyarakat rendah tetapi antusias berangkat haji tinggi, oleh karena itu musti diimbangi antara keinginan dengan pengetahuan jemaah kita,” ucap Muhtar.

Kedua, dengan adanya PLHUT bisa menjadi ikon di kabupaten Bolaang Mongondow, karena pelaksanaan manasik haji hanya dilakukan Kementerian Agama. 

“Saya yakin dengan adanya Gedung PLHUT akan memberikan sebuah warna, bahwa ini peran besar Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada Jemaah Haji,” ujar Muhtar G Bonde.

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar