Lompat ke isi utama
x

Penguatan Daya Tahan Tubuh Calon Jemaah Haji Dengan Vaksin

Magelang

Kota Magelang (PHU) – Skenario pelaksanaan haji tahun 2021 mengerucut pada 3 (tiga) skenario yang direncanakan Kementerian Agama yaitu dengan kuota penuh, kedua dengan pembatasan usia, sakit menahun dan sehat tanpa covid-19, dan tidak berangkat semua. Dengan adanya skenario tersebut kesiapan calon jemaah haji selain administrasi, kesehatan fisik juga sangat berpengaruh, untuk itu pemberian vaksin sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur saat mengecek pelaksanaan vaksin Calon Jemaah Haji (CJH)  di Rumah Sakit Budi Rahayu Kota Magelang, Rabu (31/03).

“Skenario pemberangkatan calon jemaah haji harus disiapkan salah satunya adalah kesehatan Jemaah,” kata Sofia.

Kondisi pandemi covid-19 hingga saat ini menuntut semua pihak untuk lebih bijak dalam melaksanakan program. Program haji merupakan bagian dari rukun islam yang harus dilaksanakan namun kondisinya tidak mendukung, berbagai strategi dilakukan pemerintah dengan berkomunikasi aktif untuk keberangakatan calon jemaah haji. Sampai saat ini Kementerian Arab Saudi masih melakukan pengujian tentang pelaksanaan ibadah haji. Untuk itu kesiapan dari panitian haji dan calon jemaah disiapkan dari sekarang jika nantinya Kementerian Arab Saudi memberikan ijin pelaksanaan ibadah haji, semua aspek sudah siap.

“Kesiapan panitia dan calon jemaah haji jika nanti berangkat atau tidak harus sudah disosialisasikan dari sekarang,” jelas Sofia.

Pelaksanaan vaksin calon jemaah haji Kota Magelang bertempat di RS Budi Rahayu Wates, yang diikuti oleh 136 calon jemaah haji, turut hadir Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Taufiq.

Dia menjelaskan bahwa sampai saat ini masih disiapkan kesiapan tahapan pemberangkatan calon jamaah. “Untuk kota Magelang kami sudah melakukan sosialisasi baik skenario berangkat, pembatasan maupun tidak sehingga calon jemaah bisa mengetahui kondisi terupdate saat ini,” terangnya.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan, dengan pemberian vaksin semoga semua calon Jemaah dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya dan tidak mengalami masalah setelah di vaksin, serta harapan kita semua calon jemaah haji kota Magelang dapat berangkat ketanah suci.

Penulis
Wahono
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca