Lompat ke isi utama
x

Permudah Layanan Rekomendasi Umrah, Kemenag Pangkep Luncurkan SIRANO

Pangkep

Pankep (PHU) ~ Untuk memudahkan pelayanan surat rekomendasi umrah kepada para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kementerian Agama Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan meluncurkan sistem aplikasi berbasis android SIRANO atau Sistem Rekomendasi Umrah Online.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kab. Pangkep, Zulkifli Idris mendesain sebuah aplikasi guna memudahkan masyarakat mendapatkan rekomendasi umrah secara online. Aplikasi ini diberi nama SIRANO atau Sistem Rekomendasi Umrah Online.

Untuk pertama kalinya aplikasi ini diperkenalkan Zulkifli dihadapan 66 peserta bimbingan teknis  kehumasan yang berasal dari berbagai madrasah negeri dan swasta serta Kantor Urusan Agama se Kab. Pangkep.

"Masyarakat tinggal memasukkan data-data yang diminta dan nantinya akan diproses oleh admin kami di seksi PHU sehingga surat rekomendasi umrah tersebut langsung kami terbitkan dalam waktu yang relatif singkat," terang Zulkifli di Aula Kantor Kemenag Pangkep, Rabu (29/09/2021)

Zulkifli yang merupakan peserta diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) menerangkan bahwa SIRANO adalah aksi perubahan yang sengaja ia angkat karena melihat kondisi pandemi Covid 19 sekarang ini dimana ruang gerak masyarakat sangat terbatas, sehingga ia berpikir untuk memangkas waktu pengurusan rekomendasi umrah bagi masyarakat atau travel.

"SIRANO ini dapat diakses di laman website  kemenag.kabpangkep.go.id, dengan cara pengguna masuk di web Kemenag Pangkep kemudian klik layanan dan muncullah aplikasi SIRANO, aplikasi ini juga tersedia versi androidnya," ujar Zulkifli menambahkan

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangkep Nur Halik menyampaikan bahwa aplikasi SIRANO yg  dibuat Zulkifli ini sangat dibutuhkan masyarakat, bukan hanya ketika launching selesai, karena menurutnya banyak aksi perubahan yang mubazir karena manfaatnya tidak jelas dan penggunaannya hanya sesaat.

Aksi perubahan SIRANO yang digagas Zulkifli ini mendapatkan dukungan dari Bupati Pangkep, Kakanwil Kemenag Sulsel, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangkep, Para kepala seksi di jajaran Kementerian Agama Kab. Pangkep serta unsur travel dan KBIHU. 

Penulis
Andi Baly
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca