Lompat ke isi utama
x

Persiapan Haji 2022, Jemaah Haji Kabupaten Dairi Terima Vaksin Booster

sumut

Sidikalang (PHU)— Persiapan penyelenggaraan haji di Tanah Air terus dilakukan disetiap Kantor Kementerian Agama di daerah. Salah satu daerah yang mempersiapkan keberangkatan jemaah hajinya adalah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara.

Kantor Kemenag Dairi sudah mulai mempersiapkan Keberangkatan jemaah hajinya dengan melaksanakan vaksinasi lengkap dan booster.  Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Muhammad Sanif mengatakan sebanyak 18 dari 28 jemaah haji telah menerima vaksin  dosis ketiga (booster).

“Dalam rangka kesiapan penyelenggaraan ibadah haji, vaksinasi lengkap dan booster merupakan upaya persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M,” kata Muhammad Sanif. Rabu (20/4/2022). 

Sebelumnya, kata Muhammad Sanif, jemaah haji terlebih dahulu melakukan registrasi, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi dilakukan oleh petugas yang dibagi dalam 4 pos vaksin. Kegiatan pemberian vaksin booster yang diprioritaskan bagi jemaah haji dan keluarga besar jajaran  Kantor Kementerian Agama Kabupaten ini merupakan kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Dairi dan Dinas Kasehatan yang bertempat di Aula Kementerian Agama Kabupaten Dairi. 

Berdasarkan Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : S-1741/Sj/B.VI.04/2022 tanggal 07 April 2022 tentang Pelaksanaan Program 1 (satu) vaksin Booster Tahun 2022. Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan. Terlebih vaksinasi merupakan salah satu syarat mutlak bagi jemaah haji dan umrah untuk berangkat ke tanah suci.

“Surat edaran menjadikan jemaah haji sebagai target vaksinasi dosis ketiga dikarenakan aturan pemerintah Arab Saudi yang mewajibkan vaksinasi sebagai syarat mutlak untuk jemaah haji dapat melangsungkan ibadah di tanah suci,” terang Muhammmad Sanif.

Berdasarkan Rencana Perjalan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah tertanggal 19 April 2022 bahwa pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia dimulai tanggal 03 Juni 2022 dengan ketentuan jumlah kuota keseluruhan yang telah ditetapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk negara Indonesia sebanyak 100.051  jemaah, sedangkan jumlah besaran kuota propinsi dan kabupaten masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah.

Ia berpesan, agar jemaah haji dapat bersabar dan banyak berdoa agar segalanya dimudahkan ketika nantinya kuota per Provinsi diumumkan.

“Seluruh jemaah haji harus bersabar dan banyak berdoa mudah-mudahan dimudahkan serta masuk dalam ketentuan kuota yang akan diumumkan  nantinya oleh pemerintah,” tutup Muhammad Sanif.

Penulis
Kemenag Sumut
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca