Lompat ke isi utama
x

Petugas Haji Daerah Diimbau Proaktif Layani Jemaah

jaja

Makassar (PHU) -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rekrutmen Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar hari ini, Kamis (12/05/2022).

Turut hadir Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji dan Umrah (SIHDU) Jaja Jaelani mewakili Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag. Dalam arahannya, Jaja mengimbau para peserta seleksi yang dinyatakan lolos nantinya agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama bertugas. "Pelaksanaan haji di tahun 2022 ini masih masuk kategori haji masa pandemi, jadi diharapkan petugas haji proaktif mengimbau jemaah haji agar mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, khususnya pemerintah kerajaan Arab Saudi," tegasnya saat membuka kegiatan secara resmi.

Penting bagi petugas haji, kata Jaja, untuk selalu mengingatkan jemaah nantinya terkait jadwal beribadah. "Ingatkan selalu kepada jemaah agar memperhatikan jadwal beribadah, utamanya di Haramain. Jaga kekompakan dan kebersamaan serta kedisiplinan jemaah haji kita," pesannya.

jaja

Jaja juga berpesan kepada para peserta seleksi untuk melayani jemaah dengan sebaik-baiknya dan tidak bersikap sombong. "Sebagai petugas, agar mengutamakan tugas pelayanan kepada jemaah, jangan tunjukkan arogansi kepada jemaah selaku petugas," katanya. "Dengan petugas kloter juga agar bisa saling membantu dan kerjasama dalam memonitor kesehatan dan keselamatan jemaah haji," tambah Jaja.

“Kita berharap pelaksanaan haji tahun ini bisa sukses dan salah satu kunci kesuksesannya sangat tergantung dari seberapa baik koordinasi dan komunikasi antar petugas dan jemaah haji, termasuk di dalamnya Petugas Haji Daerah," tutup Jaja di akhir sambutannya.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail menyampaikan pembagian kuota haji yang diterima Provinsi Sulawesi Selatan untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443H/2022M. "Tahun ini, kuota haji Sulawesi Selatan sebanyak 3.320 jemaah, termasuk di dalamnya Petugas Haji Daerah sebanyak 16 orang, dimana setiap orang harus membayar biaya haji sebanyak Rp84,55 juta untuk embarkasi Makassar sebagaimana yang tertera di Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M," terang Ikbal.

Rekrutment Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Sulawesi Selatan diselenggarakan selama satu hari dan bekerja sama dengan Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis
Humas Kemenag Sulsel
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca