Lompat ke isi utama
x

Petugas Kloter Rutin Pantau Kesehatan Jemaah Haji Aceh

ppih

Madinah (PHU)— Jemaah Kloter 1 Embarkasi Haji Aceh (BTJ 01) kini sudah berada di Madinah. Di Madinah tak jarang jemaah yang ingin memeriksakan kesehatannya. Petugas kloter khususnya Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) pun tak tinggal diam. Bagi jemaah yang membutuhkan pemantauan kesehatan, TKHI pun rutin mengunjungi jemaahnya. Kunjungan dilakukan ke kamar-kamar penginapan jemaah.

"Di bawah kendali Hasnur Elfiyani Hainul binti Hainul Ezzeddin dibantu Sulaiman Muhammad Yusuf serta Erliana Muhammad Ali sebagai Pembimbing Haji Daerah (PHD), tim bahu-membahu setiap hari mulai pukul 07.00 WAS melakukan visitasi ke seluruh kamar jamaah dengan tujuan memantau langsung kesehatan jamaah," jelas Akhyar, Ketua Rombongan (Karom) Kloter 01 BTJ.

Lanjut Akhyar, secara umum seluruh jemaah dalam keadaan sehat dan tidak ada yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah.

Dokter TKHI Kloter 01 BTJ dr Hasnur Elfiyeni mengatakan, setiap harinya ia bersama timnya mengunjungi 70 jemaah haji.

"Hampir 70 jamaah dapat divisitasi setiap hari," kata dr Hasnur Elfiyeni yang juga dokter di Puskesmas Bandar Raya Banda Aceh.

Di samping visitasi, tim kesehatan juga membuka posko kesehatan tanpa batas waktu bagi seluruh jemaah yang ingin berobat dan berkonsultasi berbagai hal, untuk memudahkan jamaah petugas kloter membuat spanduk beserta no HP untuk memanjakan jemaah.

Menurutnya  ibadah adalah melayani jamaah semaksimal mungkin dan tugas jemaah adalah beribadah semampu mungkin.

Ketua Kloter 01 BTJ Qusay mengatakan, kunjungan ke jemaah langsung merupakan sarana yang efektif untuk melihat dan mengetahui kondisi jemaah, sehingga kondisi kesehatannya dapat dipantau langsung oleh TKHI.

"Kunjungan langsung sangat efektif di samping mengetahui keadaan kesehatan juga mendapat masukan tentang pelayanan umum seperti air, catering dan sebagainya, ujar Qusay.

Azhari Hasan salah seorang jamaah Kloter BTJ 01 yang juga salah seorang pejabat dalam pemerintah Aceh menyatakan cukup puas sejauh ini terhadap kinerja petugas kloter dan berharap agar terus di tingkat kan lagi terutama ketika di Makkah Al- Mukarramah.

Tim TKHI BTJ 01 yang berangkat Rabu, 15 Juni dinihari adalah 1. dr Erliana jajaran di Bidang P2K Dinkes Aceh; 2. dr Hasnur ialah dokter di Puskesmas Batoh, Lueng Bata; 3 dan Sulaiman jajaran di di RSUZA Banda Aceh.

Penulis
Kemenag Aceh
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca