Lompat ke isi utama
x

Rektor UIN SMH Banten Ajak Civitas Akademika Berkontribusi Tingkatkan Layanan Jemaah Haji

banten

Serang (PHU)—Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten sebagai penyelenggara Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah  Wawan Wahyuddin mengajak kepada seluruh civitas akademika untuk berkontribusi meningkatkan layanan kepada masyarakat, membimbing dan membina jamaah haji dalam pelayanan manasik haji dan umrah.

“Mari kita kerja keras dan kerja tuntas karena kedepan akan banyak tantangan yang akan kita hadapi, maka dari itu kita perlu bekerjasama, membenah diri dengan kerja ikhlas, siap menerima perintah dan peduli kepada masyarakat,” kata Wawan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Program Setifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten. Jumat (14/01/2022).

Wawan mengungkapkan dengan Kerjasama ini bisa meningkatkan layanan umat terkait haji dan umroh khususnya di provinsi Banten

“Dengan ini kita bisa meningkatkan Kerjasama, tidak hanya dengan fakultas tapi dengan yang lain juga, seperti halnya dengan pascasarjana UIN SMH Banten terkait haji dan umrah,” ungkapnya.

banten

Ia berharap kerjasama ini bersifat jangka panjang dan bisa mengadakan seminar tentang haji dan umrah dalam perkuliahan di UIN SMH Banten.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan layanan haji dan umrah secara lancar di Indonesia khususnya di Banten dan semoga ikhtiar kita hari ini mendapatkan amal jariyah,” pungkasnya.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menyampaikan dengan MoU ini diharapkan UIN Banten dapat menjadi penyelenggara sertifikasi Pembimbing Manasik Haji yang membantu Kementerian Agama guna meningkatkan kualitas bimbingan manasik haji terutama dalam menciptakan pembimbing manasik haji yang professional, amanah, dan mumpuni dalam ilmu manasik serta manajerial perhajian.

“Kami juga berharap UIN Banten mampu menjadi penjamin kualitas para pembimbing manasik bersertifikat serta mampu mendorong alumninya untuk secara aktif melakukan pembinaan manasik di wilayahnya masing-masing baik melalui manasik reguler, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah) atau perorangan," kata Hilman.

“Sehingga ke depan jemaah haji Indonesia baik mereka yang baru mendaftar atau masuk kuota keberangkatan dapat diberikan bimbingan manasik oleh para pembimbing bersertifikat sejak dini,” tambahnya.

Turut Hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, Rektor UIN SMH Wawan Wahyuddin, Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fathurrahman, serta Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji Kemenag Arsyad Hidayat.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca