Lompat ke isi utama
x

Ridwan Kamil Apresiasi Pembangunan Asrama Haji Indramayu

rk

Bandung (PHU)—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi progres pembangunan Asrama Haji Indramayu yang telah menyelesaikan pembangunannya pada tahap I ini. Keberhasilan ini dilayangkan langsung Kang Emil sapaan akrabnya kepada Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat.

"Pembangunan Asrama Haji Indramayu merupakan harapan besar bagi warga Jawa Barat dan Jawa Tengah yang telah lama ditunggu-tunggu karena keberadaannya akan memudahkan akses operasional ibadah haji dan umrah," tutur Kang Emil. Kamis (04/02), di Gedung Pakuan Jawa Barat.

Kang Emil mengutarakan bahwa memang sudah saatnya asrama haji yang ada di Indonesia melakukan perbaikan layanan terutama fasilitas dan sarananya. "Apalagi Asrama Haji Indramayu yang baru berdiri harus sudah melakukan inovasi pelayanan agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat," ungkapnya.

"Menurut saya untuk Asrama Haji ini, pemerintah jangan menjadi operator tetapi menjadi fasilitator dalam artian pengelolaan asrama haji diserahkan kepada pihak ketiga untuk pengelolaannya karena persentase penggunaan untuk operasional haji sangat terbatas sehingga apabila diluar itu dapat dipergunakan untuk umum," tambahnya.

Ridwan Kamil berharap Asrama Haji Indramayu akan setara minimal dengan hotel bintang tiga, sehingga tingkat keamanan dan kenyamanan jemaah haji khususnya dan masyarakat umum yang akan menggunakan Asrama haji akan terjamin.

Terkait dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pembangunan masjid dan museum, Ridwan Kamil sudah menyetujuinya tetapi ada perubahan desain yang diinginkannya agar dapat disesuaikan dengan posisi asrama haji Indramayu.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, melaporkan bahwa Pembangunan Asrama Haji Indramayu Tahap I telah sukses dibangun tepat waktu. "Adapun gedung yang telah dibangun yaitu Gedung Kantor PPIH, Aula, dan Gudang," ujarnya, 

"Dan untuk tahun 2021 ini akan dimulai Pembangunan Asrama Haji Indramayu Tahap II yaitu masjid, museum, dan pembangunan tower A," tutur Adib.

Sesuai dengan kesepakatan, lanjut Adib, Pembangunan Tahap II akan dianggarkan pembangunan masjid dan museum dari dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp. 40 Milyar dan Tower A dengan anggaran SBSN sebesar Rp. 51 Milyar.

"Direncanakan Pembangunan Asrama Haji Indramayu ini akan tuntas pada tahun 2024 dengan total anggaran Rp. 460 Milyar," ucapnya.

"Dilihat dari luas dan fasilitas yang akan dibangun, Asrama Haji Indramayu akan menjadi Asrama Haji terbesar di Indonesia," terang Adib.

Turut hadir Plt. Dirjen PHU Kemenag RI, Oman Fathurahman, didampingi oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, serta Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Adib, yang didampingi Kepala Bidang PHU, Ajam Mustajam.

 

Penulis
Novam Scorpiantrien
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca