Lompat ke isi utama
x

Sapa Haji Pekanbaru, Dirbina Haji: Kebijakan Usia Hanya Berlaku Saat Pandemi

hj

Pekanbaru (PHU) —- Direktur Bina (Dirbina) Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Arsad Hidayat mengatakan bahwa kebijakan pembatasan umur yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M dikarenakan kondisi yang masih pandemi.

Demikian disampaikan Arsad saat menghadiri kegiatan Sapa Haji Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau di Pekanbaru pada Senin (14/11/2022).

“Menteri Haji Arab Saudi langsung memberikan klarifikasi terkait hal ini saat konferensi pers di Jakarta, bahwa kebijakan pembatasan umur 65 tahun dikarenakan haji tahun 2022 dianggap haji pandemi. Ketika pandemi itu sudah hilang maka sudah tidak ada alasan lagi untuk mereka melakukan pembatasan umur kepada para jamah haji,” jelas Arsad.

Lebih lanjut Arsad mengatakan bagi jemaah tunggu, Kementerian Agama telah menyiapkan beberapa paket bimbingan untuk jemaah tunggu melalui kegiatan Penyuluhan Manasik Sepanjang Tahun, Sapa Haji dan Jagong Masalah Haji dan Umrah.

“Kegiatan Sapa Haji ini sengaja dilakukan oleh Kementerian Agama sebagai sesi untuk menyampaikan beberapa informasi kebijakan dan info yang berkembang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Karena berdiri di garda terdepan dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat, maka keberadaan Bapak/Ibu sangat penting,” imbuhnya. 

Arsad kemudian menjelaskan perbedaan sistem pemvisaan jemaah haji dulu dan sekarang. “Sekarang, visa tidak akan keluar kecuali seluruh layanan yang akan ditempati itu semuanya sudah dibayarkan. Jadi, jemaah belum berangkat pun kita sudah bayar dan sudah lunas,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin, Anggota Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari jemaah haji tunda, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah), pemerhati masalah haji, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru beserta jajaran, penyuluh agama, civitas Fakultas Dakwah UIN Suska Riau beserta ASN Kanwil Kemenag Riau.

Penulis
Humas Kemenag Riau
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca