Lompat ke isi utama
x

Sekjen : Kemenag Terus Matangkan Skema Pemberangkatan Haji-Umrah Masa Pandemi 

Sekjen

Yogyakarta (PHU)—Kementerian Agama terus matangkan skema pemberangkatan haji dan umrah di masa pandemi. Berbagai upaya juga akan dilakukan, salah satunya kunjungan Menteri Agama dan tim ke Saudi yang dijadwalkan akhir bulan ini. 
Sekretaris Jenderal Kemenag Prof Nizar mengungkapkan hal itu saat Sosialisasi Pembinaan Haji di Masa Pandemi, Selasa (19/10/2021) di Yogyakarta.

Hadir dalam kesempatan ini Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Prof Hilman Latief, Direktur Bina Haji Khoirizi H. Dasir, dan Kasubdit Bimbingan Jemaah Arsyad Hidayat.

“Negosiasi akan terus kita lakukan untuk pemberangkatan kembali jemaah umrah dan haji,” tandas Nizar. Menurutnya, pandemi belum dapat dipastikan kapan berakhir. “Maka skema karantina bagi jemaah adalah keniscayaan,” sambungnya.

Nizar menjelaskan, skema haji masa pandemi adalah masuk asrama haji wajib jalani pemeriksaan PCR, lalu karantina 5x24 jam, kemudian tes PCR lagi sebelum terbang.

“Sesampai di Saudi juga karantina 5x24 jam, nanti pulangnya juga begitu,” ujar Sekjen.

Ditambahkan Nizar, langkah yang ditempuh Kemenag saat ini adalah mendata jemaah haji yang tertunda. “Mereka akan divaksin booster dengan 4 jenis vaksin yang diakui otoritas Saudi. Booster disiapkan satu-dua bulan jelang keberangkatan,” urai Nizar yang juga pernah menjabat Dirjen PHU ini.

Kegiatan dengan tema Haji Mandiri di Masa Pandemi ini diikuti 70 peserta terdiri dari pejabat dan pelaksana Ditjen PHU, Kasi pada Bidang PHU pada Kanwil Kemenag DIY dan Jateng, serta pimpinan KBIHU Jateng-DIY. Kegiatan bakal berlangsung hingga Kamis (21/10/2021) lusa. (bap)

Penulis
Bramma Aji Putra
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca