Lompat ke isi utama
x

Serap Aspirasi Penyelenggaraan Haji, Komisi VIII DPR  Lakukan Kunker Spesifik ke Batam

bth

Batam (PHU) – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang dan Laksamana Madya TNI (Purn) Moekhlas Sidik beserta Direktur  Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid melakukan kunjungan kerja spesifik masa sidang III tahun sidang 2022 – 2023 di Batam, Kamis (17/11/2022).

Kunjungan kerja spesifik ini dimaksudkan dalam rangka Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443H/2022 M di Provinsi Kepulauan Riau. Turut hadir jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau diantaranya Kabag Tata Usaha, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kepala Kemenag Batam, Kepala KUA serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIH), Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Kepala Asrama Haji Batam.

bth

Dalam kunjungannya ke Asrama Haji Batam, Marwan mengatakan dalam pertemuan tersebut pihaknya ingin mendapatkan sejumlah masukan atau aspirasi terkait penyelenggaraan ibadah haji. Ia menyebut tingginya daftar tunggu disetiap daerah menyebabkan salah satu permasalahan penyelenggaraan haji. Bahkan, di daerah tertentu daftar tunggunya diatas 40 tahun.

Penambahan kuota merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Namun, menurutnya hal itu juga menjadi masalah karena terkendala oleh UU Penyelenggaraan Ibadah Haji. Penambahan kuota juga tentunya akan berdampak pada subsidi biaya haji yang akan menyebabkan kenaikan biaya haji yang signifikan.

“Kalau ongkos haji besar, yang tadinya dari 37 juta bisa naik jadi 42 juta bahkan 45 juta. Jadi kita ingin mendengarkan suara masyarakat apakah tambahan ini menjadi berat atau tidak,” kata Marwan.

“Kita juga ingin mengubah UU Penyelenggaraan Ibadah Haji untuk mengakomodir berbagai kebijakan Saudi. Kalau kuotanya melebihi 300 ribu maka keuangan haji tidak bisa menampung itu. Tapi kita tidak boleh menyia-nyiakan tambahan kuota ini makanya perlu revisi UU tersebut,” sambungnya.

Penulis
Kemenag Kepri
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca