Lompat ke isi utama
x

Sertifikasi Jadikan Pembimbing Manasik Haji Lebih Profesional

kalsel

Banjarbaru (PHU) – Pelaksanan Harian Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan Matnor menegaskan sertifikasi pembimbing akan menjadikan peran pembimbing haji dan umrah menjadi lebih profesional. Demikian dikatakan Matnor saat membuka secara resmi kegitan tersebut di UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Senin (08/11/21).

Matnor menjelaskan pelaksanaan sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemenag dalam mengelola para petugas haji agar dapat memberikan layanan yang profesional kepada jemaah haji.

“Oleh karenanya penting bagi para pembimbing manasik haji dan umrah untuk disertifikasi, agar pelayanan bimbingan manasik haji dan umrah dapat terlaksanakan lebih profesional,” kata Matnor.

Matnor menilai,  petugas haji merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Air maupun pada masa berlangsungnya proses operasional ibadah haji di Arab Saudi.  “Tugas yang paling penting adalah bagaimana sebagai petugas penyelenggara ibadah haji mampu bekerja secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan,” terangnya.

Ia berharap melalui pelatihan pembimbing manasik haji yang di dalamnya diberikan materi- materi mengenai berbagai kebijakan penyelenggaraan ibadah haji dan materi-materi penunjang lainnya, sehingga dengan penguatan materi-materi yang diberikan dalam program tersebut dapat membentuk petugas pembimbing manasik haji yang profesional dan mumpuni dalam segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji dan tentunya dalam hal prosesi manasik haji.

Matnor berpesan kepada peserta untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan mengikuti kegiatan dengan sungguh sungguh dengan mentaati tata tertib yang ada sehingga menghasilkan pembimbing yang Profesional dan berintegritas. “Jika profesionalitas ini di kedepankan maka pelayanan kepada masyarakat juga akan bisa berjalan maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel Rusbandi menerangkan kegiatan sertifikasi tersebut dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 8 sd 17 November 2021. "Kegiatan ini dilaksanakan Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel  bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Islam UIN Antasari Banjarmasin diikuti oleh 53 orang yang terdiri dari 40 orang peserta reguler dan 13 orang peserta mandiri," terangnya.

 

Penulis
rajudin/inmas Kalsel
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca