Lompat ke isi utama
x

Sertifikasi Meningkatkan Kualitas, Kreativitas dan Integritas Pembimbing

PAlembangg

Palembang (PHU) – Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2020 sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, setelah pelaksanaan ibadah hai tahun 2019 Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI kembali bergegas mempersiapakan pelaksanaan haji tahun 2020 yang terdiri dari kuota haji, rencana perjalanan ibadah haji, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pelunasan Jemaah haji, penyiapan petugas haji, verifikasi passport, penyiapan transportasi udara, penyiapan perlindungan Jemaah haji, perlengkapan Jemaah haji, layanan di Arab Saudi dan  inovasi haji .

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah memiliki pembimbing yang mampu memberikan pemahaman kepada Jemaah terkait pengetahuan ibadah haji.

“Setiap hari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah berbenah diri guna mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2020, inovasi yang dilakukan salah satunya yaitu mengakomodir tingginya permintaan pembimbing manasik haji (KBIH) dan Biro Travel Haji dan Umrah yang memiliki sertifikat, “paparnya.

Tujuan sertifikasi yaitu meningkatkan kualitas, kreativitas, dan integritas  pembimbing manasik haji yang mampu mengupgrade diri serta secara profesional mampu menghasilkan Jemaah haji yang menguasasi dengan mandiri ibadah maupun perjalanan ibadah haji dan umrah, “ kata Nizar Ali ketika memberikan materi pada kegiatan sertifikasi pembimbing haji di hotel Best Skip Palembang, Jum’at. (28/02)

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang diharapkan kerjasama ini dapat memberi nilai manfaat bagi kedua belah pihak.

Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengatakan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah bukan hanya menghapal buku manasik haji saja namun lebih dari karena aka nada kasus-kasus baru dilapangan yang akan dijumpai di lapangan.

“Akan ada banyak hal baru yang kita jumpai dilapangan, wawasan kita akan di uji untuk itu manfaatkan waktu yang ada  dengan banyak membaca serta berkomunikasi dengan pihak terkait, “katanya.

 Turut hadir dalam kegiatan sertifikasi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan M. Alfajri Zabidi, Rektor UIN Raden Fatah Palembang M. Sirozi, Plt. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah M. Ali serta para pejabat di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

 

 

Penulis
Ranita Erlanti Harahap
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca