Lompat ke isi utama
x

Sulut Ajukan Diri Jadi Embarkasi Antara, Ini Kata Dirjen PHU

sulut

Manado (PHU)—Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengajukan diri dari Embarkasi Transit menjadi Embarkasi Antara, Hal ini dikemukakan langsung Kepala Kanwil Kemenag Sulut Anwar Abubakar sesaat sebelum acara peletakkan batu pertama pembangunan masjid dan ruang penyimpanan koper di Asrama Haji Manado Sulut. Jumat (25/09).

“Kami mengusulkan status Embrakasi Asrama Haji Manado bisa dinaikkan statusnya menjadi Embarkasi Antara,” kata Anwar.

Anwar beralasan, kenaikan status menjadi Embarkasi Antara ini karena untuk meningkatkan layanan kepada jemaah haji Sulut agar lebih optimal dan maksimal dimasa yang akan datang.

“Kita bisa lihat, saat ini Asrama Haji Manado sudah mulai bebenah diri, gedung transit untuk jemaah haji sudah setaraf hotel Bintang tiga,” ujarnya.

manado

Menanggapi permintaan Kepala Kanwil Kemenag Sulut, Dirjen Penyelenggaraan Hajji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar mengatakan ada persyaratan administrasi yang yang harus dipersiapkan untuk menaikkan status dari Embarkasi Transit menjadi Embarkasi Antara.

Ia berpesan jangan sampai hanya syahwat besar caja yang dimilikinya, tetra juga ada persyaratan administrasi dan harus juga mempunyai penilaian mandiri sebelum mengajukan menjadi Embarkasi Antara.

“Punya syahwat besar tapi belum punya kemampuan persyaratan administrasi dan memiliki penilaian mandiri,” kata Nizar.

"Kami selalu mendorong pemerintah daerah untuk langsung bisa membuat embarkasi penuh, agar manfaatnya jauh lebih besar," sambungnya.

Akan tetapi menurut Nizar, syarat untuk mendapatkan embarkasi penuh itu ada dua, yaitu bandara harus mampu menampung pesawat berbadan besar dan memiliki ada asrama haji yang sesuai standar.

"Kalau dua ini sudah ada, tidak ada lagi alasan bagi kami untuk tidak memberikan embarkasi penuh," ujarnya. 

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro