Lompat ke isi utama
x

Terapkan Protokol Kesehatan, Kemenag Balangan Sediakan Ruang Khusus Pendaftar Haji

balangan

Balangan (PHU) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Muhammad Yamani mengatakan, pemerintah terus menguatkan layanan penyelenggaraan haji dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan membuat ruangan terbuka buat jemaah yang mendaftar haji, untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid -19.

“Sehingga jemaah tidak berjejal di dalam, melainkan bisa menunggu di ruang terbuka. Jadi letak ruang terbuka ini di antara aula dan ruang pelayanan penyelenggaraan haji di komplek perkantoran Kementerian Agama Kabupaten Balangan. Langkah yang dilakukan di masa pandemi ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di antara sesama jemaah,” ujarnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar Komunikasi Informasi Edukasi Virtual Advokasi Haji. Kamis (12/11).

Webinar ini dihadiri peserta dari unsur jemaah haji, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah), pemerintah daerah, penyuluh KUA (Kantor Urusan Agama), tokoh masyarakat dan ormas Islam serta alumni petugas haji di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dan disiarkan secara langsung melalui facebook.

Jadi, bagi jemaah yang masih menunggu giliran daftar haji, dipersilahkan untuk menunggu di luar saja. “Tidak kami biarkan masuk berkerumun di dalam,” tukasnya. Selanjutnya, dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan aspek keberhasilan penyelenggaraa haji yang diterjadi di wilayahnya dengan berbagai indikasi.

“Yang pertama, meningkatnya keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, meski pun kuota jemaah terbatas. Lalu yang kedua, meningkatnya manajemen penyelenggaraan ibadah haji dan umrah,” imbuhnya lagi. 

Penulis
mario
Editor
husni anggoro