Lompat ke isi utama
x

Tiga Kantor Kemenag di Aceh Gelar Sosialisasi Pembatalan dan Pelimpahan Porsi 

acehhh

Banda Aceh (PHU)---Jelang akhir bulan ini, tiga kabupaten di Aceh gelar sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji.

Di Kankemenag Pidie, Kasi Administrasi dana Haji Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh Juhaimi yang menjadi pembicara bersama narasumber lain serta dihadiri jemaah haji di Sigli untuk hari pertama, Senin (23/11).

Kakankemenag Pidie Abdullah menyatakan bahwa tujuan di laksanakan acara ini adalah untuk mengupas isi KMA nomor 494/2020 dikaitkan dengan pembatalan keberangkatan karena pandemi.

Dikesempatan yang sama, Kasi PHU Pidie Zakaria dalam acara di aula kantor, dalam daerah penghasil kerupuk melinjo (kerupuk mulieng) itu, mengatakan peserta kegiatan ini adalah jemaah yang gagal berangkat melaksanakan ibadah haji 2020.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah jemaah haji yang gagal berangkat pada tahun 2020 ini," kata Zakaria.

aceh

Hari yang sama, sosialisasi yang sama juga dilakukan di Kankemenag Aceh Tengah, di Aula Umah Pesilangan kantor setempat.

Di Kabupaten Takengon, dataran tinggi penghasil kopi gayo itu, acara dibuka dan diberikan materi oleh Kakankemenag Saidi dan narasumber lainnya untuk 150 jemaah.

"Untuk hari pertama, hadir 45 calon jemaah yang berasal dari Kecamatan Bebesen," ujar Saidi.

Sementara itu, sosialisasi yang sama juga digelar di Kankemenag Aceh Timur, Kamis (19/11/). Berbeda dengan dua dua kawasan lainnya, sosialisasi pendaftaran, pembatalan dan pelimpahan porsi haji reguler diiukuti oleh Kepala KUA, peyuluh PNS dan non PNS, Penghulu dan Staf KUA, serta IPHI dalam wilayah itu. 

Kegiatan ini diikuti 130 peserta dalam 24 kecamatan yang yang tersebar di wilayah itu.

acehh

Acara dibuka Kepala Kankemenag Salman sekalian sampaikan materi "Kebijakan Pemerintah dalam Peyelenggaraan Ibadah Haji dan Kebijakan Penundaan Ibadah Haji Tahun 2020 berdasarkan KMA No 494 Tahun 2020", Kasi PHU Muhamad Mansyur membawa judul "Peran dan Fungsi Penghulu dan Penyuluh dalam Penyelenggaraan Haji", serta admin Siskohat Asy'ari dengan materi "Tatacara Pendaftaran Pembatalan Haji dan Pelimpahan Porsi Haji dan Gambaran Umum Pengelolaan Dana  Setoran Awal Ibadah Haji".[]

Penulis
Yakub Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca