Lompat ke isi utama
x

Tingkatkan Layanan Publik, Aceh Singkil Kini Miliki PLHUT

aceh

Aceh Singkil (PHU) --- Komitmen Kementerian  Agama (Kemenag) untuk melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan layanan publik terus diwujudkan. Salah satunya, dengan menghadirkan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Singkil. 

Gedung PLHUT yang dibangun pada 2020, dengan skema pembiayaan Surat  Berharga Syariah Negara (SBSN), akan diresmikan Kamis, 21 Januari 2021 oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Iqbal. 

"PLHUT ini akan memangkas birokrasi, karena di sana juga terdapat representasi dari Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih), sehingga jamaah tidak perlu mondar-mandir dari Kantor Kemenag lalu ke bank saat mendaftar," ungkap Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil Saifuddin, di Aceh Singkil, Rabu (20/01). 

Menurut Saifuddin, pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya calon jemaah haji dan umrah.

Dengan keberadaan PLHUT, lanjut Saifuddin, proses pendaftaran haji yang semula dapat memakan waktu beberapa hari, dapat selesai dalam satu hari kerja. "Karena semua proses menjadi terpusat sehingga memudahkan," kata Saifuddin. 

Hal ini menurutnya sejalan dengan salah satu semangat baru Kemenag yang diusung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag, yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang semakin baik.

Bupati Aceh Singkil Dulmursid, mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran PLHUT di Aceh Singkil.

"Kita sangat bersyukur, Kementerian Agama telah memilih Singkil sebagai salah satu daerah yang di bangun PLHUT di Aceh, sehingga dapat memudahkan pelayanan bagi calon jamaah haji dan umrah," ujar Dulmursid.

Dulmusrid mengatakan, dengan peresmian gedung PLHUT perdana di Aceh Singkil ini dirinya berharap Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil selaku pemangku kepentingan pelaksanaan pelayanan haji dan umrah lebih koordinatif dan sinergis. 

"Sehingga ke depan masyarakat Kabupaten Aceh Singkil mendapat pelayanan prima. Gedung PLHUT ini juga diproyeksikan dapat mengatasi kendala- kendala selama ini yang dihadapi masyarakat terkait jarak tempuh, waktu, tenaga dan biaya transportasi dalam pengurusan administrasi pelayanan kepada jamaah haji dan umrah," tutup Dulmusrid. (RN)

Penulis
Inmas Aceh
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca