Lompat ke isi utama
x

Tingkatkan Pelayanan Haji dan Umrah, Kota Parepare Bangun Gedung Manasik Haji

sulsel

Parepare, (PHU) - Untuk meningkatkan pelayanan haji dan umrah kepada jemaah Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare membangun gedung Balai Nikah dan Manasik Haji. Pembangunan gedung yang didanai  dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2020 ini ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Wakil Walikota Parepare Pangeran Rahim.

Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji dilahan Kantor Urusan Agama (KUA) ini yang digelar di Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Selasa (04/08).

Dalam peletakkan batu pertama ini turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar yang didampingi oleh Muh. Suardi selaku Kasi Bina Paham Religius dan Kelembagaan Islam, Kepala Kantor Kemenag Kota Parepare, Abdul Gaffar.

Pangerang Rahim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji. Gedung tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kementerian Agama kepada masyarakat, baik bagi yang akan melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).
 
“Saya rasa pelayanan nikah, pelayanan manasik haji, juga pelayanan dalam membangun kerukunan antar umat dan intern antar umat beragama bisa dimulai dari Gedung balai nikah dan manasik haji ini,” kata Rahim.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji ini lanjutnya, merupakan sebuah kemajuan bagi Kementerian Agama Kota Parepare. Hal ini wajib disyukuri bersama dan menjadi momentum untuk melakukan tindakan-tindakan nyata dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Gedung ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Keberadaan gedung ini, sebagai bukti bahwa pembangunan keummatan di Kota Parepare telah berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar memberi tantangan kepada Wakil Walikota Parepare untuk menyediakan lahan Khusus Pelayanan Haji serta Umrah dan Kanwil upayakan pembangunan gedungnya.

"Hal itu berguna untuk meningkatkan pelayanan Haji dan Umrah, agar bisa manasiknya terkontrol", pintanya.

 

Penulis
Kemenag Sulsel
Editor
husni anggoro