Lompat ke isi utama
x

Tinjau PLHUT Kota Jantho, Kakanwil Kemenag Aceh Minta Dua Bulan Kedepan Selesai

jantho plhut

Banda Aceh (PHU)---Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal, meninjau pembangunan Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), Kota Jantho, Rabu (9/9/2020).

Kunjungan Kakanwil perdana ke ibukota Kabupaten Aceh Besar itu, untuk memantau langsung progres pengerjaan proyek yang dibangun dengan anggaran dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020.

Iqbal yang didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arijal, Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Marzuki, dan Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Maiyusri, serta jajaran Bidang PHU mengapresiasi perkembangan pembangunan gedung layanan terpadu di kawasan perkantoran itu.

plhut jantho

"Gedung yang dibangun dari sumber dana SBSN ini progresnya sudah mencapai 40 persen. Kita harapkan dua bulan ke depan akan tuntas pembangunannya," harap Iqbal

Setelah menempuh jarak sekitar 60 km, tim disambut Kakankemenag Aceh Besar Abrar Zym, para Kasi dan Kepala KUA se Aceh Besar, serta jajarannya.

Sebelum melakukan peninjauan gedung PLHUT tepat di depan Kankemenag itu, Kakanwil melakukan pertemuan dan pembinaan terhadap ASN di musalla kantor setempat.

Kabid PHU Arijal sampaikan bahwa target Provinsi Aceh, untuk setiap kabupaten/kota nanti, dalam masa empat tahun, akan miliki PLHUT.

"Jadi rata-rata setiap tahun kita bisa usulkan dan perjuangkan ke Ditjen PHU Kemenag RI empat unit," sebut Arijal di sela-sela kunjungan, di kota yang bakal dilintasi jalan tol itu.

Kasi Administrasi Dana Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Aceh yang ikut rombongan, Juhaimi menambahkan, bahwa Kankemenag Aceh Besar, satu dari dua pengusul pada tahun-tahun lalu, yang dapatkan alokasi dana PLHUT 2020.

"Satu lagi yang sedang dikerjakan ialah PLHUT Kankemenag Aceh Singkil yang di kawasan perkantoran juga. Pengerjaannya juga sudah lebih 35 persen," ujar Juhaimi.

Tahun Anggaran 2021, Aceh mendapatkan alokasi dana untuk tiga PLHUT, yakni Kankemenag Kota Langsa, Aceh Utara, dan Aceh Tengah.

"Untuk anggaran 2022, ada tiga Kankemenag yang sudah mengajukan proposal PLHUT adalah Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Aceh Barat Daya," tutupnya.

 

Penulis
Yakub Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro