Lompat ke isi utama
x

Tokoh Masyarakat Jateng Ajak Mitra Haji dan Umrah Sebarkan Informasi Positif Pembatalan Haji

oo

Demak (PHU)--Tokoh Masyarakat Jawa Tengah Noor Badi mengajak mitra Kementerian Agama antara lain Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), serta Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk menyebarkan informasi positif terkait pembatalan haji tahun 2021 ini. 

"Haji selalu menghadapi permasalahan dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi dikarenakan setiap tahunnya jemaah haji selalu berbeda dari segi subyek manusianya. Di samping itu, penyelenggaraan ibadah haji dilaksanakan di luar negeri (Arab Saudi)," kata Noor saat Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji di Demak Jawa Tengah. Jumat (20/08/2021). 

Menurut Noor Badi, Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji cukup membuat kecewa Masyarakat. Namun hal ini perlu digaris bawahi bahwa Penyelenggaraan Haji ini dilaksanakan di Arab Saudi, dimana Arab Saudi memiliki otoritas penuh untuk melarang negara lain mengikuti haji karena pertimbangan kasus Covid-19. 

Ia juga menyadari bahwa masyarakat dilibatkan dalam acara Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Indonesia Tahun 2021 dikarenakan sesuai dengan tugas nasional. 

"PPIU, PIHK, dan KBIHU dihadirkan untuk menyebarluaskan kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi kegaduhan," jelasnya. 

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah sudah siap dalam mempersiapkan ikhtiar penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Namun tingginya angka kasus Covid-19 menyebabkan pelaksanaan haji bagi negara di luar Arab Saudi tidak dapat berpartisipasi. 

"Dari segi pemerintah dalam hal ini operasional dikendalilan oleh Kementarian Agama. Kemenkumham telah mengeluarkan paspor namun visa belum dapat keluar Karena pengeluaran visa merupakan wewenang dari Arab Saudi. Dana haji aman dibawah Pengelolaan BPKH, dan sama sekali tidak digunakan untuk pembangunan infrastruktur," jelas mantan Kabid PHU Kanwil Kemenag Jateng ini. 

Noor Badi pun mengarahkan masyarakat agar berhati-hati dengan informasi hoaks yang beredar. 

"Proses Penyelenggaraan Haji dilakukan secara transparan. jika membutuhkan informasi langsung menanyakan kepada pemerintah (Kementerian Agama)," tandasnya.

Penulis
Amnia Salma
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca