Lompat ke isi utama
x

Usai Lebaran, 4.393 Buku Manasik Dibagikan Melalui Kankemenag

Penerimaah Buku Manasik Di Asrama Haji Aceh. (Dok. Kanwil Kemenag Provinsi Aceh).

Banda Aceh (PHU)---Pasca Idul Fitri 1441 H, buku manasik bagi Jemaah Haji Embarkasi Aceh (BTJ) 2020 mulai dibagikan.

Pembagian buku manasik yang tiba ke Aceh sebelum lebaran ini, dibagikan kepada tiap kab/kota, sesuai kuota jemaahnya.

Sebanyak 4.393 buku manasik haji 2020M/1441H untuk 12 kloter jemaah BTJ telah tiba Jumat (22/5).

Buku disimpan aman dalam ruangan di Gedung Madinah Asrama Haji, atau di lokasi disimpannya zamzam musim haji lalu.

Buku manasik dalam 88 kotak itu, diterima Kabid PHU melalui Kasi Transportasi, Perlengkapan, dan Akomodasi Jamaah Haji Syafruddin, di UPT Asrama Haji Aceh.

"Mulai Rabu (27/05), Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah  Kankemenag se-Aceh akan mengambil ke Asrama Haji Provinsi Aceh," ujar Kabid PHU Kanwil Kemenag Aceh Samhudi.

"Namun situasi covid-19 belum memungkinkan mereka datang ke kanwil secepatnya, kami hanya mempersilahkan Kankemenag terdekat utk segera mengambil buku manasik," tambahnya. 

"Besok, insyaAllah saya akan mengkaji DIPA Bidang PHU, kalau memungkinkan akan segera kami kirim tanpa menunggu rekan-rekan di kab/kota untuk mengambil di Asrama Haji," ucap Samhudi.

Setelah menerima buku manasik haji,tambah Samhudi, nantinya Kasi  PHU dimasing-masing Kab./Kota akan membagikan kepada jemaah yang sudah melunasi Bipih 1441 H, tentu akan disertai tanda bukti penerimaan.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Samhudi mengatakan sesuai KMA 121/2020 kuota jamaah haji provinsi Aceh sebanyak 4.378 orang jemaah. 

"Jemaah haji Provinsi Aceh yang sudah melunasi Tahap I sebanyak 3.773 orang jemaah, sedangkan yang melunasi Tahap II  sebanyak 402 orang jemaah, sedangkan sisanya yang belum melunasi sebanyak 203 orang," ucap Samhudi.

Samhudi menambahkan, saat ini kami masih fokus ke pelunasan tahap 2 yang diperpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar