Lompat ke isi utama
x

Vaksinasi bagi CJH di Sumatera Barat, Berdasarkan Usia

Sumbar

Padang (PHU) – Di era pandemi penyebaran virus corona atau Covid-19 saat ini, vaksinasi bagi calon jemaah haji (CJH), seperti di Sumatera Barat, tetap dijadikan agenda pokok. Sehingga pada hari “H” pemberangkatan mereka ke tanah suci nantinya, seluruh calon jemaah siap dan dipastikan telah disuntik vaksin.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini, vaksinasi bagi CJH adalah salah satu persyaratan kondisional dan harus diikuti setiap calon jemaah yang akan melaksanakan perjalanan ibadah haji ke tanah suci di  tahun ini. Bagi CJH yang tidak divaksin, mereka tidak bisa diberangkatkan di tahun bersamaan,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diwakili Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Joben, kepada wartawan di kantornya, Rabu (7/4).

Sesuai klasifiasi dan jadwalnya, kata Joben, vaksinasi bagi CJH tingkat provinsi, dan selanjutnya dikelola setiap kabupaten/kota se-Sumatera Barat, dilaksanakan dua kelompok. Kelompok pertama, bagi jemaah berusia 60 tahun ke atas, pemberian vaksinasinya dilaksanakan bulan Maret 2021 dan bagi CJH usia di bawah usia 60 tahun, dilakukan dalam bulan April 2021 ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa vaksin dilakukan dengan kesepakatan Bersama. “Pemberian vaksinasi kepada setiap jemaah, tentunya dilaksanakan pihak RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) tingkat kabupaten/kota, dan tingkat kecamatan suntik vaksinasinya disesuaikan dengan kesepakatan bersama, apakah di puskesmas atau dalam ruangan di Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing,” terangnya.

Tim kesehatan yang melakukan suntik vaksinasi kepada setiap CJH, khusus tingkat kecamatan dilakukan pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan (UPT DK) Puskesmas terdepat dari pusat pemerintahan tingkat kecamatan. “Kita berharap, sebanyak 4.613 CJH untuk kuota Sumatera Barat, dan dipersiapkan melaksanakan perjalanan ibadah haji ke tanah suci tahun ini, selesai divaksin”, tambah Joben.

Penulis
Kanwil Kemenag Sumbar
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca