Besok, Jemaah Haji Aceh Besar Masuk Asrama, Terbang 29 Mei

27 Mei 2024 oleh Husni Anggoro | dilihat 211772 kali

Banda Aceh (PHU)--Jemaah haji Kloter 1 asal Aceh Besar mulai memasuki embarkasi Aceh besok, Selasa, 28 Mei 2024. Sedangkan pemberangkatan menuju Tanah Suci pada Rabu, 29 Mei 2024 melalu Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar menuju Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Kakankemenag Aceh Besar Saifuddin mengatakan, jemaah haji akan memasuki asrama pada pukul 17.00 WIB. Sebelum pemberangkatan menuju embarkasi, kata Saifuddin, jemaah akan dikumpulkan di Masjid Sibreh untuk dipeusijuek (tepung tawar, red) pada pukul 12.00 WIB.

“Di masjid jemaah akan di-pesijuek oleh pemerintah daerah yang diwakili oleh dua orang jemaah tertua dan termuda dan akan diberikan sedikit bungong jaroe oleh Pemda untuk seluruh jemaah haji Aceh Besar,” katanya.

Dia menjelaskan, usai peusijuek, salat Zuhur, dan makan siang bersama, jemaah akan diantar menggunakan bus menuju asrama haji embarkasi Aceh.

“Sementara koper jemaah akan diangkut menggunakan truk yang juga sudah kita siapkan agar lebih tertib dalam pengaturan koper di asrama nantinya,” ujarnya.

Saifuddin menjelaskan, pada tahun ini Aceh Besar memberangkat 393 jemaah yang tergabung dalam Kloter 1 sebanyak 342 jemaah. Sementara selebihnya ditempatkan di Kloter 5 sebanyak 2 jemaah, kloter 6 sebanyak 46 jemaah, Kloter 7 sebanyak 1 jemaah, dan Kloter 12 sebanyak 2 jemaah.

“Jemaah Kloter 1 akan terbang atau diberangkatkan ke Jeddah pada tanggal 29 Mei 2024 pukul 16.45 WIB,” ungkapnya.

Saifuddin mengimbau jemaah untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, baik persiapan fisik, bekal ilmu dan juga barang bawaan.

“Bawalah barang bawaan yang dibutuhkan dan juga matangkan persiapan lainnya,” ujar Saifuddin.

[]