Kemenag Siapkan Asrama Haji Banten Jadi Debarkasi 2024

16 Nov 2023 oleh Ranita Harahap | dilihat 15108 kali

Tangerang (PHU) - Kementerian Agama (Kemenag) terus mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H/2024M. Termasuk diantaranya adalah persiapan dalam hal layanan fasilitas bagi Jemaah Haji khususnya layanan di asrama haji embarkasi maupun debarkasi.

“Untuk itu, Kemenag kini tengah merancang roadmap pengembangan asrama haji agar kedepan asrama haji akan lebih baik lagi,” jelas Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab saat mendampingi Komisi VIII DPR RI dalam Kunjungan Kerja Spesifik di Kota Tangerang - Banten dalam rangka pengawasan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H/2024M. Kamis (16/11/2023).

Tahun 1444H/2023M ini, kata Saiful, Asrama Haji Banten sudah mulai digunakan, namun hanya sebagai asrama haji saat kepulangan jemaah (debarkasi), keberangkatan jemaah haji asal Banten ini masih menggunakan Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta, karena waktu itu progres pembangunan Asrama Haji Banten masih berjalan.

Ia pun mengapresiasi Komisi VIII DPR RI yang telah mendukung pembangunan dan pengembangan asrama haji di Indonesia. Saiful menyebut ada beberapa asrama haji yang sudah berkembang dan dipersiapkan menjadi embarkasi antara lain Asrama Haji Banten, Asrama Haji Indramayu, Asrama Haji Sumatera Barat serta Asrama Haji Kalimantan Utara.

“Tahun ini ada beberapa asrama haji yang berkembang dan ini berkat dukungan dari Komisi VIII DPR sehingga Kemenag mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam pelayanan ibadah haji ini,” ujar Saiful.

Saiful mengakui, Kota Tangerang secara geografis sangat strategis karena berdekatan dengan Bandara Soekarno-Hatta. Ia pun berharap kedepan ada peningkatan layanan Jemaah Haji di Asrama Haji Banten ini.

“Tahun 2024 mendatang, semoga Asrama Haji Banten dapat terus meningkatkan kualitas walau banyak tantangannya namun berkat kerjasama yang baik dengan Komisi VIII dan instansi yang lain insya Allah bisa lebih baik,” jelasnya.

Senada hal itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Laksamana Madya TNI (Purn.) Moekhlas Sidik mengatakan, dengan adanya pembangunan Asrama Haji Banten ini merupakan bagian yang harus disyukuri oleh masyarakat khususnya Jemaah Haji Banten.

“Adanya Asrama Haji Banten ini merupakan bagian yang perlu kita syukuri,” kata Moekhlas.

Anggota Komisi VIII DPR lainnya, Yandri Susanto mengatakan, pembangunan Asrama Haji Banten ini diharapkan akhir tahun ini sudah selesai, agar Jemaah Haji yang berasal dari Provinsi Banten ini tidak perlu lagi menggunakan Asrama Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede. Dirinya pun meminta agar progres pembangunan Asrama Haji Banten ini terus dikawal.

“Asrama Haji ini untuk kepentingan umat Islam dan semoga ini bisa menjadi amal jariyah, mohon untuk dikawal terus pembangunan ini,” pintanya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengatakan bahwa persiapan ibadah haji adalah sesuatu yang krusial, ini merupakan menjadi tanggung jawab bersama pemerintah.

“Pemda Tangerang terus berupaya memfasilitasi pelayanan ibadah haji, sarana transportasi, menghibahkan tanah 44 hektar untuk pembangunan asrama haji walau belum tuntas, namun berkat dukungan Kemenag serta intansi terkait lainnya tahun ini (asrama haji) sudah bisa digunakan,” kata Arief.

“Jadi sekarang Jemaah Haji Banten ketika tiba di Soetta tidak perlu kembali ke Asrama Haji Pondok Gede lagi, namun bisa langsung kembali ke rumahnya masing-masing,” tandasnya.