Manasik Haji Tingkat Kapanewon Galur dan Lendah Berlangsung Khidmat

23 Mar 2024 oleh Amnia Salma | dilihat 286 kali

Kulon Progo (PHU) – Sebanyak 103 jEmaah Kapanewon Galur dan Lendah mengikuti rangkaian manasik haji tingkat kapanewon kelompok 3 yang dilaksanakan selama 6 hari, sejak tanggal 13-15 Maret 2024 dan dilanjutkan pada tanggal 18-20 Maret 2024. Kegiatan ini bertempat di Gedung PDHI Kapanewon Galur dan berjalan dengan lancar dan khidmat.

Kepala KUA Galur, Afwan Zuhdi, bersyukur atas terlaksananya kegiatan manasik haji ini. Ia berharap para calon haji dapat memahami dan melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar setelah mengikuti manasik haji ini.

“Manasik haji ini sangat penting bagi calon haji untuk memahami tata cara dan rukun haji dengan benar. Selain itu, manasik haji juga menjadi ajang untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum berangkat ke tanah suci,” ujar Afwan Zuhdi. Kegiatan manasik haji ini menghadirkan narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I Yogyakarta, Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Praktisi haji dari berbagai elemen (MUI, IPHI, KBIHU). Materi yang disampaikan meliputi: Fiqih haji, Manasik haji dan umrah, Kesehatan haji, Thawaf, Sa’i, dan Wukuf, Perlengkapan haji serta Etika dan budaya di tanah suci.

Afwan Zuhdi berharap para calon haji dapat memanfaatkan bekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama manasik haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan mabrur. “Semoga para jamaah dapat menunaikan ibadah haji yang mabrur dan mabruroh, serta kembali ke tanah air dengan selamat,” harap Afwan Zuhdi.

Ketua Panitia Manasik Haji Kelompok 3, Fauzan menyampaikan syukur atas terlaksananya kegiatan manasik haji Tahun 2024 Gabungan Galur dan Lendah.

“Alhamdulillah, kegiatan manasik haji kelompok 3 berjalan dengan lancar dan khidmat. Antusiasme para calon haji sangat tinggi, dan mereka terlihat aktif mengikuti materi dan praktek manasik haji. Kami berharap ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama manasik haji ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para calon haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan mabrur,” ujar Fauzan.

Selain itu Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan manasik haji ini. “Semoga kegiatan manasik haji ini dapat memberikan bekal yang cukup bagi para calon haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan mabrur,” harap Fauzan.

Kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pelayanan yang difasilitasi pemerintah kepada jamaah melalui Kementerian Agama agar lebih mandiri, baik di tingkat kabupaten kota dan tingkat kapanewon.