Sinergi dengan KUA, Kemenag Jembrana Siapkan Program Manasik Haji

26 Mar 2024 oleh Husni Anggoro | dilihat 12824 kali

Jembrana (PHU) -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana Provinsi Bali memastikan persiapan yang matang bagi jemaah hajinya yang akan berangkat pada tahun 2024 ini. Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Jembrana, H. Muslihin, bersama Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Jembrana menggelar rapat strategis.

Pertemuan yang dilangsungkan di PHU Kemenag Jembrana tersebut bertujuan untuk merencanakan dan mengkoordinasikan program manasik haji yang akan diadakan di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Rapat yang dihadiri oleh para kepala KUA dari berbagai kecamatan di Kabupaten Jembrana ini menetapkan jadwal pelaksanaan manasik haji dengan seksama. Rencananya, kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 17 dan 18 April 2024 di tingkat kabupaten, serta dilanjutkan pada tanggal 20 - 28 April 2024 di tingkat kecamatan.

Menanggapi jadwal yang telah ditetapkan, H. Muslihin, selaku Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jembrana, menyampaikan harapannya agar seluruh jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Jembrana dapat mengikuti kegiatan manasik tersebut.

"Kegiatan manasik haji ini sangat penting untuk mempersiapkan calon jemaah haji secara mental, spiritual, dan praktikal. Kami berharap dengan adanya manasik haji ini, para calon jemaah haji akan lebih siap secara fisik dan mental dalam menjalani ibadah haji dengan baik dan khusyuk," ujarnya.

Lebih lanjut, Muslihin menegaskan komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji.

"Kami akan terus mendukung dan memfasilitasi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan persiapan haji, baik dari segi pengetahuan, teknis, maupun spiritual. Semoga dengan persiapan yang baik, jemaah haji Jembrana tahun 2024 dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan mendapat ridha Allah SWT," jelas Muslihin.

Dirinya berharap jemaah haji jembarana dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk mempersiapkan diri secara maksimal guna menjalani ibadah haji dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan.

"Saya berharap, jemaah haji jembrana dapat memanfaatkan waktu dan mempersiapkan dirinya dengan baik, agar nanti di Tanah Suci dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk," pungkasnya.