Jemaah Kloter 14 Asal Kota Solok Lepas Kerinduan Dengan Bareh Solok

10 Jul 2024 oleh Boy Azhar | dilihat 8570 kali

Padang (PHU) --- Jemaah Haji Kloter 14 Debarkasi Padang tiba di Ranah Minang pada Selasa (09/07/2024) siang setelah bertolak dari Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Azis Madinah. Jemaah Haji Kloter 14 embarkasi Padang terdiri dari jemaah asal Kota Solok, Kabupaten 50 Kota, dan Kota Padang.

Setelah melaksanakan ibadah haji selama 40 hari di Arab Saudi, kerinduan akan Ranah Minang, terutama makanannya, membuat jemaah haji asal Kota Solok langsung dijamu dengan bareh solok oleh Pemerintah Kota Solok di Ruang Makan Asrama Haji Padang. Penyambutan hangat ini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para jemaah.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, secara langsung menyambut jemaah asal Kota Solok dan menjamu mereka di Ruang Makan Asrama Haji Padang dengan bareh solok. Kehadirannya menambah kehangatan suasana dan menunjukkan perhatian pemerintah terhadap warganya yang baru kembali dari Tanah Suci.

Ramadhani Kirana Putra menyebutkan bahwa momen makan bersama sebelum bertolak menuju Kota Solok menjadi momentum silaturahmi dan sekaligus momen pelepas rindu jemaah dengan makanan khas Minangkabau. Hal ini menjadi pengikat emosional yang kuat antara jemaah dan kampung halaman mereka.

"Saya yakin dan percaya bapak dan ibu semua jemaah haji Kota Solok yang berjumlah 112 orang ini sangat rindu dengan makanan Minangkabau. Tidak bertemu dengan jariang kan selama di sana? Juga tidak bertemu dengan gulai serta lado kan selama di sana? Ini lah saatnya bapak dan ibu melepaskan sedikit kerinduan dengan Ranah Minang sebelum bertolak menuju ke Kota Solok," ucap Wakil Walikota Solok ini dengan penuh kehangatan.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama dan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang yang telah memberikan fasilitas yang sangat layak kepada jemaah haji Kota Solok. Pelayanan yang baik ini memberikan kenyamanan bagi para jemaah setelah perjalanan panjang mereka.

"Layanan yang ada di Embarkasi khususnya UPT Asrama Haji Embarkasi Padang kami saksikan dan kami lihat ada peningkatan yang lebih baik. Sukses untuk kita semua," terangnya.

Seluruh jemaah tampak antusias dan senang dengan penyambutan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tersebut di Asrama Haji Embarkasi Padang. Mereka mengucap syukur akan pelayanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah Kota Solok, Kemenag Kota Solok, Kementerian Agama, dan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang.

Muhammad Faridh Alman Faruthi (20 Tahun) jemaah haji Kloter 14 asal Kota Solok berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Solok yang telah memberikan fasilitas makan bersama sebelum kembali melanjutkan perjalanan menuju Kota Solok.

“ini momentum kami melepaskan sedikit kerinduan akan kampuang halaman setelah melakukan perjalanan ibadah haji yang panjang, terima kasih pemerintah Kota Solok dan terima kasih Kementerian Agama.” Ucapnya haji muda ini dengan bangga.

Kehadiran bareh solok dan makanan khas Minangkabau lainnya menjadi pengobat rindu yang efektif bagi para jemaah. Dengan senyum yang menghiasi wajah mereka, jemaah haji kloter 14 ini merasa terhibur dan sangat dihargai oleh perhatian yang diberikan.

Kontributor : Humas Asrama Haji Padang