Tiba di Tanah Air, Jemaah Tertua dan Termuda Papua Apresiasi Haji 2025

1 Jul 2025 oleh Mustarini Bella Vitiara | dilihat 1941 kali

Makassar (PHU) — Penyelenggaraan ibadah haji 1446H/2025M kembali mencatatkan keberhasilan, tidak hanya dari sisi kelancaran ibadah di Tanah Suci, tetapi juga dari kepuasan jemaah terhadap pelayanan di Tanah air.

Muhammad Yasmin (87), jemaah haji tertua asal Kabupaten Jayapura, menyampaikan rasa syukur dan bahagia karena seluruh rangkaian ibadah haji dapat dijalani dengan lancar dan tanpa kendala berarti.

“Alhamdulillah, pelayanan dari petugas sangat baik, mulai dari Tanah Air sampai di Makkah dan Madinah. Saya merasa sangat terbantu,” ungkapnya dengan suara lirih penuh syukur saat diwawancarai di aula debarkasi.

Yasmin adalah jemaah haji yang tergabung dalam Debarkasi Makassar kelompok terbang (kloter) 27, atau UPG-27, yang telah tiba di Tanah Air pada Senin (30/6/2025) malam.

Sementara itu, Melvia Anissa, jemaah termuda berusia 20 tahun asal Kota Jayapura, juga turut menyampaikan kesan positifnya.

36e0e18f-0509-4118-9970-dd1765f12c61.jpeg

“Saya sangat bersyukur bisa menunaikan haji di usia muda. Semua proses dipermudah, layanan cepat, petugasnya sigap. Saya merasa nyaman dan aman selama menjalankan ibadah,” ungkap Melvia antusias.

Kesaksian keduanya memperkuat narasi bahwa keberhasilan layanan haji 2025 merupakan buah dari kerja keras Pemerintah Indonesia, khususnya melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang terus melakukan perbaikan layanan seiring dengan perkembangan regulasi dari Pemerintah Arab Saudi.

Apresiasi dari Wamenhaj Saudi

Wakil Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdul Fattah Mashat menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Indonesia atas kelancaran penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Tidak ditemukan kendala signifikan dalam pelayanan jemaah Indonesia, hanya perlu adanya peningkatan pada pengelolaan data jemaah agar lebih presisi dan terintegrasi,” ujar Wamenhaj saat berkunjung ke Kantor Daerah Kerja Makkah, Sabtu (28/6/2025).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI Hilman Latief juga menegaskan bahwa masukan dari Pemerintah Arab Saudi menjadi evaluasi penting untuk terus meningkatkan mutu pelayanan di musim haji mendatang.

Kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 2025, sebagaimana dirasakan oleh para jemaah dari berbagai lapisan usia, menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah dalam memberikan layanan terbaik bagi tamu-tamu Allah. Peningkatan demi peningkatan yang terus dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji Indonesia menjadi semakin profesional dan membanggakan di mata dunia. (Rd).