Ditjen PHU Tegaskan Tugas PPIH Bukan Untuk Berhaji Melainkan Melayani Jemaah

19 Feb 2024 oleh Benny Andriyos | dilihat 9132 kali

Jakarta (PHU)--Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Arsad Hidayat mengatakan tugas utama dari seorang panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) itu adalah bertanggung jawab pada pembinaan, pelayanan umum, bimbingan ibadah, pelayanan kesehatan, dan perlindungan jemaah haji di setiap embarkasi.

Hal ini ditegaskan Arsad Hidayat saat menjadi narasumber dalam gelaran Bimbingan Teknis Terintegrasi Calon Petugas PPIH Kloter Embarkasi Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Bimtek mengusung tema Menyiapkan Petugas Haji Kloter yang Berintegritas Profesional dan Ramah Lansia ini digelar 19-28 Februari 2024 dan diikuti 390 peserta dari tiga provinsi yakni Jakarta, Banten dan Provinsi Lampung.

"Tugas bapak dan ibu bukan berhaji tetapi memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Jadi sekali lagi kami tegaskan tugas utama bapak dan ibu itu adalah melayani tamu Allah. Kita hanya sebagai perantara saja tetapi yang sesungguhnya Allah yang mempunyai kehendak. Niatkan apa yang kita lakukan karena Allah," kata Arsad Hidayat di Jakarta, Senin (19/2/2024).

"Selamat kepada seluruh peserta. Semoga perjuangan dan ikhtiar melayani tamu Allah pada musim haji 1445H/2024M dapat terlaksana dengan baik dan mendapat Ridho Allah. Ikuti Bimtek ini dengan sungguh-sungguh," sambungnya.

Sementara itu Kakanwil Kemanag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mengajak kepada segenap PPIH yang tergabung dalam Kloter Embarkasi Jakarta untuk saling membantu dalam menyukseskan pelunasan biaya haji dari jemaah yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci tahun ini.

"Mari kita bersama-sama saling membantu terkait pelunasan haji agar jemaah haji segera melakukan pelunasan. Bapak dan ibu merupakan orang pilihan dari orang-orang terpilih untuk mendampinggi dan melayani jemaah," harap Cecep.

Tahun ini Indonesia rencananya akan memberangkatkan 241 ribu Jemaah Haji. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jemaah Haji akan masuk ke asrama sehari sebelum jadwal pemberangkatan dilaksanakan.

Kementerian Agama (Kemenag) juga telah menerbitkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445 H / 2024 M. Jemaah Haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada Minggu, 12 Mei 2024.