Kemenag Umumkan Alokasi Kuota Haji Reguler Tahap 2

12 Mar 2024 oleh Amnia Salma | dilihat 152466 kali

Jakarta (PHU)---Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menyatakan bahwa verifikasi data nama-nama Jemaah Haji berhak lunas tahap kedua telah selesai. Pengisian daftar nama Jemaah Haji ini didasarkan pada beberapa kriteria sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Alhamdulillah, Kementerian Agama telah selesai melakukan verifikasi data daftar Jemaah Haji yang masuk dalam alokasi kuota haji reguler dan dapat melakukan pemeriksaan istithaah kesehatan untuk kemudian melakuan pelunasan di tahap kedua,” jelas Saiful Mujab di Jakarta, Selasa (12/03/2024).

“Istithaah kesehatan menjadi syarat utama bagi Jemaah Haji Reguler untuk melaksanakan pelunasan di tahap kedua ini,” tegasnya.

Berikut ini adalah kriteria Jemaah Haji reguler yang dapat melakukan pelunasan di tahap kedua, yaitu:

  1. Jemaah Haji Reguler yang saat pelunasan tahap sebelumnya mengalami gagal sistem
  2. Jemaah Haji Reguler pendamping Jemaah Haji Reguler lanjut usia
  3. Jemaah Haji Reguler terpisah dengan mahram atau keluarga
  4. Jemaah Haji Reguler pendamping penyandang disabilitas

Daftar nama-nama Jemaah Haji Reguler yang masuk dalam alokasi kuota haji dapat diakses melalui laman berikut https://bit.ly/HajiRegulerTahap2.

Fle nama Jemaah Haji tersebut dibedakan berdasarkan provinsi. Jumlah kuota haji Indonesia tahun 1445 H/2024 M yaitu 241.000. Jumlah tersebut terdiri atas 221.720 kuota Jemaah Haji regular dan 19.280 kuota Jemaah Haji Khusus.

Lebih lanjut menurut Saiful Mujab, pelaksanaan pelunasan dimulai pada 13 sampai dengan 26 Maret 2024 pada jam 08.00 WIB sampai dengan 15:00 WIB.

Ia juga mengimbau agar Jemaah Haji yang namanya masuk ke dalam alokasi kuota haji reguler segera melakukan pelunasan.

“Kami harap Jemaah Haji Reguler yang namanya sudah masuk dalam alokasi kuota haji tahun ini, dapat segera melakukan pelunasan,” pungkasnya.