Komisi VIII Harap Asrama Haji Banten Segera Berfungsi Sepenuhnya

17 Nov 2023 oleh Mustarini Bella Vitiara | dilihat 5421 kali

Tangerang (PHU) --- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Laksdya TNI (Purn.) Moekhlas Sidik berharap agar Asrama Haji Cipondoh dapat berfungsi penuh dalam melayani penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M.

"Kami, Komisi VIII, berkeinginan agar penyelenggaraan ibadah haji ini betul-betul berkualitas dengan didukungnya Asrama Haji Cipondoh Banten," ujar Moekhlas Sidik di Kantor Walikota Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2023).

Komisi VIII DPR mengapresiasi pemerintah Kota Tangerang yang telah menghibahkan lahan seluas 4,4 hektar kepada Kementerian Agama untuk dibangun Asrama Haji Cipondoh, walau baru digunakan sebagai debarkasi saja pada musim haji 1444 H/2023 M.

Terletak di Cipondoh Kota Tangerang, Moekhlas menambahkan Jemaah Haji asal Banten akan lebih dekat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Asrama Haji Cipondoh, hanya 10 - 15 menit saja. Sehingga, mereka tidak jauh saat ke Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

"Ini menghemat waktu dan jemaah tidak akan kelelahan," ujarnya.

Moekhlas juga meminta agar pembangunan tahap II segera diselesaikan. Sehingga, asrama dapat menampung jemaah asal Banten pada musim haji 1445 H/ 2024 M. "Komisi VIII DPR akan terus mendukung agar pelayanan penyelenggaraan ibadah haji akan semakin baik ke depannya," tegasnya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menyampaikan terima kasih kepada Komisi VIII DPR RI dan Pemerintah Kota Tangerang atas hibah lahan 4,4 hektar sehingga Asrama Haji Cipondoh Banten berdiri megah. Menurutnya, Asrama Haji Cipondoh sepenuhnya siap sebagai debarkasi pemulangan Jemaah Haji terlihat pada tahun lalu sudah dapat digunakan.

Dikatakan Saiful Mujab, Asrama Haji di seluruh Indonesia telah berkembang. Pihaknya terus menata diri mewujudkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang semakin baik.

"Saat ini kami terus berbenah diri bahkan kita siapkan konsep roadmap terkait pengembangan Asrama Haji di seluruh Indonesia. Alhamdulillah, pada tahun ini ada lima titik, antara lain Asrama Haji Banten, Asrama Haji Kalimantan Utara dan Asrama Haji Indramayu, insya Allah tahun depan Asrama Haji Pariaman, Sumatera Barat, " jelasnya.

"Harapan kami Asrama Haji terus dapat memberikan layanan penyelenggaraan ibadah haji yang semakin baik tentunya," tutup Mujab.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Banten Nanang Fatchurochman mengatakan bahwa saat ini pembangunan Asrama Haji Banten tahap I telah rampung dan sudah digunakan tahun lalu. "Dengan nilai proyek sekitar 40,5 Miliar, dan saat ini insya Allah memasuki tahap II pembangunan Asrama Haji Banten," sebutnya.

Pembangunan tahap II antara lain Gedung Kedua dengan tujuh lantai dilengkapi fasilitas kamar jemaah, serta aula yang dapat menampung 400 orang dengan fasilitas 100 kamar. Total nilai pagu anggarannya Rp60 Miliar.

Pembangunan tahap I, dengan skema anggaran SBSN dan Rupiah Murni Kemenag, dibangun Asrama, Aula, Kantor dan Area Manasik. Atas dukungan Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Provinsi Banten, telah dibangun juga Pagar, Masjid, Jalan, Lanskap. Area Parkir dan Pematangan Lahan dan Gedung UMKM.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, pembangunan tahap II ditargetkan selesai akhir tahun. Selanjutnya Pemkot Tangerang akan terus mendukung dan berupaya memfasilitasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.