Sesditjen PHU: Jadikan Momentum Halalbihalal Tingkatkan Kinerja dan Layanan Jemaah

18 Apr 2024 oleh Winda Galuh Desfianti | dilihat 206953 kali

Jakarta (PHU) -- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama hari ini menggelar halalbihalal sekaligus rapat koordinasi terkait langkah-langkah persiapan operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445H/2024M.

Halalbihalal yang dihadiri Direktur Jenderal PHU Hilman Latief dan keluarga besar Ditjen PHU digelar di Ruang Sidang 1 Lantai 5, Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No.3-4 Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Sekretaris Ditjen PHU Ahmad Abdullah mengajak segenap keluarga besar Ditjen PHU untuk terus mematangkan persiapan penyelengaraan haji di dalam negeri dan luar negeri tahun 1445H/2024M.

"Persiapan harus dilakukan sebaik mungkin. Termasuk persiapan penerbangan, bimbingan manasik dan layanan lainnya. Begitu juga proses pembayaran kepada pemerintah Arab Saudi dan pihak ketiga. Ini semua harus dimatangkan mengingat persiapan haji tahun ini sudah didepan mata atau tinggal menghitung hari," ujar Ahmad Abdullah, Kamis (18/4/2024).

"Apalagi di tahun ini kita melayani jemaah sebanyak 241 ribu yang menjadi jumlah terbanyak sepanjang sejarah penyelengaraan haji," sambungnya.

Terkait halalbihalal, Sesditjen mengajak kepada segenap keluarga besar Ditjen PHU Kementerian Agama menjadikan momen ini untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada jemaah.

"Mari kita jadikan momen halalbihalal ini untuk meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada jemaah haji. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa manfaat dan keberkahan buat kita semua," tandas Sesditjen.

Indonesia tahun ini mendapat 221.000 kuota haji. Selain itu, Indonesia juga mendapat tambahan sebesar 20.000 kuota. Sehingga, total kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 241.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 213.320 kuota jemaah haji reguler dan 27.680 kuota jemaah haji khusus.

Sesuai Rencana Perjalanan Haji 1445 H yang diterbitkan Kementerian Agama, pemberangkatan jemaah haji Indonesia akan dibagi dalam dua gelombang.

Jemaah haji gelombang pertama akan diberangkatkan dari tanah air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024. Sementara, jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari tanah air menuju King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei - 1 Juni 2024.

Fotografer : Tree Agung Nugroho & Romadanyl | Penulis : Benny A | Editor : Winda GD