Wamenag dan Dubes Arab Saudi Luncurkan Program Buka Puasa dan Kurma Ramadan untuk Indonesia

10 Mar 2024 oleh Amnia Salma | dilihat 49797 kali

Jakarta (PHU)---Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat Dasuki bersama Duta Besar Arab Saudi, Faisal bin Abdullah Al-Amudi meluncurkan Program Buka Puasa dan Hadiah Kurma Ramadan 1445 Hijriyah dari Raja Salman bin Abdulaziz untuk Indonesia.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dan ikatan sosial Raja Salman dari Arab Saudi terhadap seluruh umat Islam di dunia, termasuk juga di Indonesia, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, dan menjaga kekhusyuan di bulan Ramadan ini," kata Wamenag, Minggu (10/3/2024).

Dalam peluncuran tersebut, dilakukan pula penyerahan secara simbolis bantuan sejumlah mushaf Al-Quran dan kurma yang nantinya akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada Ramadan 1445 H. Turut hadir, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

"Targetnya tentu warga muslim berkebutuhan yang sudah terdata. Kemarin pihak Baznas juga sudah berkoordinasi terkait penyalurannya. Informasi jumlahnya masih kita tunggu," jelas Wamenag dalam acara yang dilaksanakan di Hotel St. Regis Jakarta tersebut.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi menerangkan bahwa program Buka Puasa ini merupakan bentuk perhatian Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman terhadap kebutuhan umat Islam di seluruh penjuru dunia. Program ini dijalankan di bawah pimpinan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh.

"Semoga umat Islam di Indonesia selalu di atas kebaikan, dan semoga diterima pahala puasanya, diberikan keberkahan, dilipatgandakan pahalanya," ungkap Dubes.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh, melalui siaran daring menyebut, pada Ramadan tahun lalu, pemerintah Arab Saudi bekerja sama dengan Kemenag RI telah berhasil menyelenggarakan acara buka puasa bersama sepanjang 1200 meter di Kota Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 8000 masyarakat Padang dan sekitarnya.

Tahun lalu juga, kata Abdullatif, pemerintah Saudi telah menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada wilayah yang terkena musibah bencana alam dan kepada keluarga yang kurang mampu dari seluruh penjuru Indonesia.

"Program bantuan bulan Ramadan terus ditingkatkan pada tahun ini agar dapat menjangkau lebih banyak lagi jumlah penerima. Penyaluran bantuan buka puasa kepada jutaan muslim di dunia bekerjasama dengan pemerintah, ormas, dan lembaga sosial dan tentunya berkoordinasi dengan kedutaan menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1445 H," terang Abdullatif.