Haji 2024, Asrama Haji Embarkasi Lombok Siapkan One Stop Service

9 Mei 2024 oleh Boy Azhar | dilihat 13437 kali

Lombok (PHU) - -Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar rapat persiapan pemberangkatan Haji Embarkasi Lombok 1445H/2024M.

Rapat yang berlangsung di Aula Bir Ali II Asrama Haji Embarkasi Lombok ini dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag NTB H. Fathurrahman dan dihadiri mitra kerja Kemenag dalam penyelengaraan ibadah haji 2024 serta Kasi PHU Kemenag se Provinsi NTB.

Kabag TU Kanwil NTB Fathurrahman mengatakan salah satu tujuan dari rapat persiapan dan koordinasi ini adalah untuk menampung masukan dari berbagai stakeholder terkait kelancaran penyelenggaraan ibadah haji khususnya di Asrama Haji Embarkasi Lombok.

Ia menambahkan sesuai rencana perjalanan haji 2024. Calon Jemaah Haji (CJH) akan masuk asrama haji embarkasi Lombok pada 11 Mei 2024.

“Insya Allah Calon Jamaah Haji akan masuk asrama haji pada 11 Mei 2024. Embarkasi Lombok akan menerapkan One Stop Service kepada jemaah haji, " kata Fathurrahman, Selasa (7/5/2024).

“Sesuai dengan edaran Dirjen PHU terkait dengan One Stop Service atau Pelayanan Satu Atap, jadi begitu CJH tiba di asrama haji akan dibagikan Paspor dan Boarding Pass," sambungnya.

Sementara Tim Imigrasi Mataram dalam rapat tersebut menegaskan akan mengawal jamaah saat keberangkatan  sampai naik pesawat untuk memastikan paspor jemaah aman, sesuai identitas dan orangnya.

Begitu juga dengan Tim KKP Mataram yang disampaikan Dr.Feri Wardana yang mendukung sistem One Stop Service untuk pemeriksaan kesehatan.

“Kami sudah siap untuk One Stop Service  seperti tahun kemarin. Yang pakai kursi roda kami dahulukan. KKP optimis jamaah haji tahun ini lebih sehat daripada jamaah tahun kemarin karena ada syarat Istitha’ah. Insya Allah tidak ada jemaah yang  tertunda seperti tahun kemarin, " kata Dr.Feri Wardana

Dari hasil rapat yang dilaksanakan di Bir Ali II Asrama Haji Embarkasi Lombok, semua pihak yang terlibat pada pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah haji sudah siap termasuk dari segi keamanaan. Polda NTB melalui Polres Mataram menyatakan siap menjamin keamanan.

Tampak hadir dalam rapat Kepala Biro Kesra Setda Pemprov. NTB H. Sahnan, Kantor KKP Mataram, Kantor Bea Cukai, Kantor Imigrasi Mataram, Angkasa Pura, Polda NTB, TNI, Gapura Angkasa,Airport Security Manager, Dinas Kesehatan, Garuda Airways, UPT Asrama Haji, Plt Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov. NTB, serta seluruh panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M.