359 Jemaah Haji Asal Kulon Progo Tiba di Tanah Air

6 Jul 2024 oleh Husni Anggoro | dilihat 5333 kali

Kulon Progo (PHU) - Sebanyak 359 jemaah haji beserta petugas pada Sabtu dini hari (6/7/2024) telah mendarat di Debarkasi Donohudan Boyolali Jawa Tengah melalui Bandara Internasional Adisumarmo.

Jemaah yang tergabung dengan kloter 46 SOC jemaah haji asal wilayah Kabupaten Kulon Progo telah kembali dengan selamat ke tanah air setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Kehadiran jemaah haji tidak hanya disambut dengan sukacita oleh keluarga dan kerabat yang telah lama menantikan kepulangan mereka, tetapi juga menjadi momentum bersejarah bagi masyarakat setempat.

Jemaah haji kloter 46 SOC disambut dengan oleh para petugas haji daerah Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Kantor Kementerian Agama setempat, selain dari pihak keluarga yang telah berkumpul di Masjid Agung Kulon Progo. Kemeriahan dan kebahagiaan tampak jelas terpancar dari wajah-wajah mereka yang letih namun penuh rasa syukur.

Hadir dan menyambut kedatangan jamaah haji yakni Penjabat Bupati, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Jazil Ambar Was’an, Ketua DPRD Hj. Akhid,Nuryati, Kepala Kankemenag Kulon Progo H.M.Wahib Jamil beserta jajaran forkompimda setempat.

Jazil Ambar mennyampaikan ucapan selamat datang dan kembali di Kabupaten Kulon Progo, dengan teriring doa semoga para jemaah haji mendapatkan keberkahan dan meraih predikat haji yang mabrur.

“Semoga semua jamaah haji selalu dalam lindungan Allah SWT dan menjadi contoh yang menginspirasi bagi kita semua dalam menjalani kehidupan ini dengan penuh rasa syukur dan pengabdian,” kata Jazil. Sabtu (6/7/2024).

Mewakili jemaah haji, H.Muhamad Raif menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran perjalanan haji mereka.

"Alhamdulillah, kami dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan kembali dengan selamat ke tanah air tercinta. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan doa selama perjalanan kami," ujarnya.

Setelah selesai acara prosesi penyambutan di Masjid Agung, keluarga jamaah haji selanjutnya mengambil koper beserta air zam-zam yang telah dipersiapkan oleh petugas daerah di kompleks masjid tersebut.

Sedangkan menurut laporan dari Ketua Kloter 46 SOC, Kholistin Arifiani bahwa Jumlah awal jemaah haji Kulon Progo sebanyak 353 orang. Selanjutnya satu jemaah meninggal dunia atas nama Rasid Kromo Karijo usia 85 tahun. Sedangkan jemaah yang tanazul awal atas nama Suminem Sasrodijoto usia 76 tahun dan telah tiba di Indonesia ikut dalam kloter 8 SOC.(dpj)